Maluku

Kapolda Maluku : Saling Memberi Kritik yang Membangun Itu Penting

potretmaluku.id – Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latief menegaskan, Kepolisian dan Jurnalis adalah Mitra. Dimana, diantara sesama mintra harus saling memberi saran, dan kritikan yang membangun.

Ini kata dia penting, sehingga diantara sesama mitra dapat saling membenahi satu dengan yang lain dalam menciptakan ketertiban dan keamanan diwilayah Maluku.

Menurut Kapolda, jurnalis dan kepolisian adalah tim yang saling melengkapi. Dimana, tugas dan tanggung jawab kepolisian tidak bisa terekspos dan diketahui oleh dunia jika wartawan tidak memberitakannya. Begitupun sebaliknya, fungsi kontrol jurnalis tidak akan berguna tanpa kepolisian dalam merealisasikan seluruh program keamanan yang diagendakan.

“Koreksi evaluasi tentu saja kritik yang membangun demikian saya juga akan memberikan informasi kepada teman-teman. Karena tadi kita dasar dari relationship ini adalah ke mitra yaitu adanya saling percaya dan setara kalau teman-teman ada sesuatu pun pasti saya juga menginformasikan. Pasti juga saya akan mengkritik ini ada kurang pas dan sebagainya Itu lah nanti akan persahabatan itu akan panjang selama ini yang saya alami demikian juga ketika saya di Nusa Tenggara Timur,” kata Kapolda saat Silahturahmi bersama wartawan yang berlangsung di rupatama Mapolda Maluku, kemarin

Kapolda mengatakan, hari ini merupakan hari spesial dengan jurnalis/wartawan Maluku karena bisa bersilaturahmi bersama.

“Sebenarnya dari awal kemarin saya merencanakan kegiatan ini karena bagi saya harus cepat. Saya tidak boleh terlalu lama. Ini untuk serasi berkomunikasi berkoordinasi dengan semua stakeholder yang ada di sini, pemerintah, TNI, DPRD, Sinode sudah O dan hari ini memang spesial saya siapkan untuk teman-teman semua,” tandas Kapolda.

Kapolda mengaku, saat ini diberi amanat oleh Kapolri menjadi Kapolda Maluku dan sebelumnya sebagai Kapolda NTT selama 1 tahun 5 bulan.

“Setiap penugasan kita dan Polri tentu saja kebijakan dari pimpinan bahwa teman-teman media adalah salah satu juga pilar yang sangat penting di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa apalagi di tengah-tengah situasi yang saat ini dengan cepat informasi yang harus diserap oleh masyarakat. Saya kira saya setuju dan sangat sependapat bahwa kemitraan kemitraan itu harus ada sama-sama keras dan harus ada kesetaraan, jadi tidak boleh ada perbedaan antara menyampaikan bahwa kita tidak boleh anti antikritik karena bagi saya ketika Masyarakat khususnya juga dia masih sayang sama polisi,” jelas Kapolda.

Mantan Kapolda NTT ini mengungkapkan, koreksi dan evaluasi penting. Dan koreksi yang diberikan untuk membangun.

Kapolda berharap, sinergitas kepolisian dan jurnalis terus ditingkatkan, untuk kebaikan bersama. Teruslah saling melengkapi dalam keterbatasan dan saling mengingatkan sebagai sesama rekan kerja. (WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button