MalukuPendidikan & Kesehatan

Jelang HUT ke-77 TNI AL, Lantamal IX Ambon Gelar Bakti Kesehatan di Kapal Perang

potretmaluku.id – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI Angkatan Laut pada tanggal 10 September 2022, Lantamal IX Ambon menggelar Bakti Kesehatan, pada geladak kapal perang Kapal Angkatan Laut Alkura III-9-14 (KAL Alkura III-9-14), di Dermaga Irian Lantamal IX Halong, Kota Ambon, Selasa.(06/09/2022).

Rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI AL yang dilaksanakan kali ini, salah satunya yaitu Bakti Kesehatan donor darah, pembersihan plak dan karang gigi gratis serta khitanan massal.

Untuk di Lantamal IX Ambon, kegiatan donor darah dan khitanan massal dilaksanakan di atas geladak KAL Alkura dan berlayar mengelilingi perairan Teluk Dalam Kota Ambon.

Sedangkan untuk pembersihan plak dan karang gigi gratis diselenggarakan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemberian tali asih berupa bingkisan kepada anak-anak peserta khitan.

Pelaksanaan khitanan massal yang dipimpin oleh Kepala Rumah Sakit AL (Karumkital) dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Eka Purwanto, Sp. An., jumlah peserta khitan yang dicapai yaitu 125 orang.

Peserta yang didominasi oleh anak-anak ini berasal dari Desa Tial, Desa Tengah-tengah, Muallaf Center, Desa Waiheru, serta masyarakat Ambon dan sekitarnya.

Sementara untuk donor darah dan pembersihan plak serta karang gigi gratis dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal IX Ambon Mayor Laut (K) drg. Rully Yusman, Sp. KG., M.H., dengan peserta donor darah 125 orang, terdiri dari personel Polda Maluku, Kodam XVI Pattimura, Lanud Pattimura, KKP, Guspurla Koarmada III, prajurit Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon.

ezgif.com gif maker 2022 09 06T173444.817
Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina (tengah) bersama Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Widiya Said Latuconsina (kanan), saat bakti kesehatan yang digelar Lantamal IX Ambon.(Foto: Dispen Lantamal IX)

Ada sebanyak 123 anak-anak dari SD dan SMP Hang Tuah mengikuti pembersihan plak dan karang gigi secara gratis. 43 tenaga kesehatan terlibat dalam kegiatan ini.

Untuk jajaran Lantamal IX, selain di Mako Lantamal IX kegiatan juga dilaksanakan di Lanal Tual, Lanal Aru dan Lanal Saumlaki.

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini diselenggarakan secara terpusat melalui vicon di atas geladak KRI Semarang 594, yang dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Hadir juga dalam kegiatan, perwakilan dari Dinkes Provinsi Maluku dan kota Ambon serta kabupaten Maluku Tengah, Ketua IDI Cabang Ambon dr. Hasni Arusad, MARS., Ketua PMI Kota Ambon, para PJU Lantamal IX, serta Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Widiya Said Latuconsina.

Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut kepada masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, menyampaikan bahwa kegiatan ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut pada masyarakat, serta merupakan salah satu komitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat kita yang kurang mampu sehingga bisa memberikan layanan kesehatan dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang membutuhkan”, tutup “, tutur Brigjen Said.(*/TIA)

 

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button