NasionalPolitik

Dukungan Pemilih PKB Cenderung ke Prabowo, Capai 38,4% Ungguli Ganjar dan Anies

potretmaluku.id — Survei Surabaya Research Syndicate menganalisa arah dukungan pemilih Partai Kebangkitan Bangsa di Jawa Timur. Hasilnya, cukup mencengangkan lantaran sebanyak 38,4% pemilih PKB di Jawa Timur lebih condong memilih Prabowo sebagai Calon Presiden.

Hal itu dipaparkan oleh Edwin Abdul salah satu Peneliti SRS dalam rilis survei teranyar berkenaan dengan Arah Dukungan Warga NU dan Pemilih PKB di Jawa Timur Terhadap Bacapres Tiga Besar Pasca Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin, melalui Virtual Zoom, Jumat 15 September 2023.

“Sebanyak 38,4% pemilih PKB di Jawa Timur mengaku akan memilih bacapres Prabowo. Kemudian sebanyak 34,5% menyatakan dukungannya pada Ganjar Pranowo, sedangkan Anies Baswedan dipilih oleh 18,8% dan yang belum punya pilihan sebesar 8,3%, ungkap Edwin.

Hasil survei SRS ini menunjukkan bahwa pasca deklarasi pasangan Anies-Cak Imin, konfigurasi dukungan pemilih PKB di Jawa Timur juga tidak mengalami perubahan yang berarti.

Bagian terbesar responden yang mengaku sebagai pemilih PKB ternyata masih memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto.

Selain itu, juga adanya faktor Jokowi Effect yang membuat elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur tetap berdiri tegak dengan kokoh.

Prabowo dianggap sebagai bakal calon presiden di mata publik yang paling mendapatkan endorsement dan approval dari Presiden Jokowi sehingga membuat efek para simpatisan dan relawan Jokowi cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.(*/ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button