Maluku Tenggara

Ditpolairud Patroli Kawasan Konservasi di Banda Naira

potretmaluku.id – Personil KP. XVI-1005 Ditpolairud Polda Maluku, melaksanakan Giat Operasi Patroli. Patroli ini menyasar sekitaran taman wisata perairan dan daerah konservasi kelautan dan perikanan, di Banda Naira. Kamis (13/04/2023).

Kombes Pol Handoyo Santoso, Direktur Polairud Polda Maluku mengatakan, Personil KP.XVI-1005 yang tergabung dalam Tim Gabungan Patroli Pengawasan Taman Wisata Perairan dan Konservasi Kelautan pada hari ini melaksanakan Giat Patroli Pengawasan di Sekitar Taman Wisata Perairan dan Daerah Konservasi Kelautan dan Perikanan Banda Naira.

“Ini adalah hari ke-2 pelaksanaan Operasi Patroli Pengawasan. Personil KP. XVI-1005 Ditpolairud Polda Maluku bersama Armada Kapal KN. NAPOLEON 501 Milik PSDKP Banda Naira menggelar operasi ini dengan melakukan beberapa kegiatan,” katanya.

Kegiatan tersebut diantaranya, menyambangi masyarakat nelayan jaring lingkar/bobo, dengan tujuan menginformasikan kepada nelayan bahwa kapal tangkap yang di atas 5 GT harus menggunakan SIPI, dan dalam pengurusan SIPI Kpl harus sudah di lengkapi dengan surat ukur/pas kecil.

Melaksanakan patroli pengawasan pada zona inti dan kawasan konservasi. Kemudian, menghimbau kepada nelayan kecil yang sedang memancing untuk tidak melakukan penangkapan dalam zona inti. Juga mendata rumpon yang ada di dalam area konservasi.

Kesatuan ini juga memberi arahan terkait cara penangkapan yang ramah lingkungan dan jenis-jenis ikan yang dilindungi. Dan menyampaikan agar tdak membuang sampah plastik ke laut, karena menyebabkan polusi dan rusaknya biota laut.

“Selain Personil KP.XVI-1005, hari ini personil KPC.XVI-2017 juga melaksanakan giat patroli rutin dalm rangka menciptakan Harkamtibmas pada perairan Pulau Ambon dan skitarnya, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan kecelakaan laut akibat perubahan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini,” tutupnya. (Nab)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button