Amboina

Diskominfo Gelar Bimtek Cyber Drill Test Tingkatkan Ketahanan Website

potretmaluku.id – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Bimbingan Teknis Cyber Drill Test atau sistem yang melatih penyerangan dan pertahanan dalam mengatasi serangan siber. Kegiatan dipusatkan, di Aula Kantor Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Selasa (9/5/2023).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku Drs. Melkias Mozes Lohy. Bimbingan Teknis Cyber Drill Test menghadirkan sejumlah narasumber, masing, Achmad Ridho, Badan Siber dan Sandi Negara, Nureny Tuarita, Kepala Bidang Keamanan dan Persandian Dinas Kominfo Provinsi Maluku, dan Perwakilan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Nureny Tuarita mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam mengidentifikasi dan menganalisis, seberapa jauh kerentanan dan ketahanan sebuah aplikasi atau website bagi ASN dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sebagai pengelola web atau portal Pemerintah Daerah di instansi masing-masing.

“Bimtek ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni dari tanggal 9-10 Mei 2023,” katanya.

Sementara itu dalam sambutannya Lohy, menyampaikan banyak situs website milik pemerintah yang menjadi korban dari serangan web, sehingga dapat mengganggu layanan dan kredibilitas instansi pemerintah pemilik website tersebut.

“Untuk itu pemerintah baik pusat maupun daerah harus memberikan perhatian serius terhadap resiko yang ditimbulkan oleh serangan dimaksud, mengingat banyak sekali informasi yang tersebar lewat media sosial dan berdampak terhadap unsur-unsur propaganda atau merusak sistem informasi penyelenggaraan pemerintahan, baik di pusat maupun daerah.” katanya.

Lantaran itu, kata Lohy, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku melakukan Kerjasama dengan BSSN sebagai instansi pemerintah yang bergerak di bidang pengamanan informasi untuk melakukan kegiatan cyber drill test agar bersama belajar dan berlatih untuk siap serta menanggulangi insiden keamanan siber di pemerintah.

“Kegiatan ini perlu dilakukan, karena semakin majunya teknologi, semakin maju juga cara oknum untuk menyerang data digital. Melihat tingginya resiko terhadap serangan siber, maka penting bagi Pemerintah untuk melaksanakan kegiatan ini dalam rangka untuk membangun kapasitas penanggulangan dan pemulihan insiden siber, serta sebagai upaya untuk mendorong ketahanan nasional di bidang keamanan siber,” ujarnya.

Kadis Kominfo itu juga menambahkan, melalui kegiatan ini, semua diberi pemahaman dan pelatihan untuk mengidentifikasi dan menganalisis seberapa jauh kerentanan serta ketahanan infrastruktur maupun aplikasi milik Pemerintah Provinsi Maluku, terhadap serangan dari luar.

“Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan cyber drill test ini,” pungkasnya. (Nab)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button