Maluku Tenggara

Masyarakat Adat Ohoiel Kukuhkan Bupati Thaher Sebagai Putra El Banyal

potretmaluku.id – Karena kepedulian Bupati Maluku Tenggara (Malra) Muhamad Thaher Hanubun terhadap masyarakat khususnya masyarakat Adat Ohoi/Desa Ohoiel, akhirnya mendapat gelar Adat sebagai Putra El Banyal.

Pengukuhan adat kepada orang nomor satu di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara ini, dilakukan oleh para Ketua Dewan Adat Ohoiel dan disaksikan para anggota Dewan Adat, Perangkat Ohoi, Badan Saniiri Ohoi serta Masyarakat maupun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan Undangan yang hadir pada acara tersebut di Ohoi Ohoiel, Sabtu (13/8/2022).

Sebelum pengukuhan Bupati Malra M. Thaher Hanubun dijemput pada ujung Desa Tanjung Ye Watsong dengan doa dan tarian adat, selanjutnya diantar dengan belang/perahu Adat Wuha Yabken, yang terbuat dari daun kelapa, menuju lokasi pengukuhan diringi musik tradisional masyarakat setempat.

Saat prosesi pengukuhan Ketua Dewan Adat Jakobias Ngarbingan, menyampaikan doa adat kepada Tuhan dan Leluhur Ohoiel Ler Tel di Woma El Banyal, untuk memberikan berkat serta restu atas pengukuhan M. Thaher Hanubun sebagai putra asal El Banyal Ohoiel Ler Tel.

Ritual sakral tersebut dilanjutkan dengan penyematan baju adat, mahkota dan pemakaian emas/gelang adat.

Dalam prosesi tersebut Jakobias Ngarbingan mengatakan bahwa baju adat ini, memiliki makna melindungi badan/tubuh, mahkota sebagai kekuatan atau kebesaran sebagai anak adat dan emas adat untuk mengikat diri Thaher Hanubun, dengan seluruh masyarakat Ohoiel bahwa dirinya adalah Putra El Banyal Ohoiel.

Sebelum menutup rangkaian ritual penanggung jawab Dewan Adat Ohoiel mengatakan bahwa mulai hari ini M. Thaher Hanubun adalah Putra Ohoiel.

Sehingga kita semua harus bersama-sama dalam suka dan duka, baik dirinya kepada kita masyarakat Ohoiel maupun masyarakat Ohoiel kepada Thaher Hanubun, khusunya dalam cita citanya membangun Maluku Tenggara kedepan.

Kesempatan yang sama Bupati M. Thaher Hanubun, dengan bahasa daerah Kei, menyampaikan bahwa semoga Tuhan dan Leluhur Kei Merestui niat baik kita bersama ini.

Karena kecintaannya kepada Negeri Maluku Tenggara, sehingga Hanubun menyampaikan terima kasih atas gelar putra El Banyal-Ohoiel karena selain di Ohoiel beberapa Ohoi/Desa sudah melakukan hal yang sama.

Sehingga Hanubun mengatakan bahwa ini tanggung jawab untuk membangun Maluku Tenggara yang lebih baik lagi.

Pejabat Ohoiel Titus Betaubun juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bupati Maluku Tenggara untuk menerima gelar ini, karena diakui banyak yang telah dilakukan M. Thaher Hanubun kepada Ohoiel baik dalam suka dan duka dalam kegiatan Pemerintahan,

Keagamaan maupun kemasyarakatan selalu hadir Bersama-sama kami masyarakat Ohoiel Ler Tel tanpa henti-hentinya sehingga wajib diberikan penghormatan ini.(MCMalra/Seta Tapotubun/toeb/infopublik.id)

IKUTI BERITA LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button