Kepulauan Tanimbar

Bupati Petrus Serahkan Dokumen Kependudukan ke Warga Lapas Saumlaki

potretmaluku.id – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, menyerahkan dokumen kependudukan dan bantuan sosial kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki, Kamis (5/8/2021).

Dalam kunjungannya ke Lapas Saumlaki ini, Bupati Petrus didampingi Staf Ahli Bupati dan pimpinan SKPD terkait.

Dokumen Kependudukan yang diserahkan Bupati Petrus berjumlah 27 KTP, 2 Kartu Keluarga dan 22 Akte Kelahiran. Dierahkan pula bantuan sosial berupa beras, sebanyak 50 paket kepada warga binaan yang sudah berkeluarga, dilakukan secara simbolis di lapangan olahraga Lapas Kelas III – Saumlaki.

Kunjungan ini, disebut Bupati Petrus, merupakan tindak lanjut koordinasi antara pemerintah daerah melalui dinas terkait dengan Kepala Lapas, guna menyerahkan dokumen kependudukan berupa KTP, KK dan Akte Kelahiran kepada para warga binaan. Termasuk penyerahan bantuan beras untuk keluarga warga binaan yang membutuhkan.

“Kunjungan ini juga bertujuan untuk mengetahui latar belakang para warga binaan, sehingga akan dilakukan kolaborasi program-program dalam rangka pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat. Agar kasus-kasus yang menonjol dan diminimalisir melalui program pembinaan dan sosialisasi dengan melibatkan pimpinan dan jajaran Lapas Kelas III – Saumlaki serta SKPD terkait,” papar Bupati Petrus.

Meskipun berstatus sebagai warga binaan pada Lapas Kelas III – Saumlaki, namun menurut Bupati Petrus, sebagai warga negara Indonesia, tentu mereka mempunyai hak-hak kependudukan yang melekat.

“Untuk itu merupakan kewajiban pemerintah daerah, untuk menyerahkan dokumen-dokumen kependudukan kepada para warga binaan Lapas Kelas III – Saumlaki,” tandasnya.

Bupati Petrus pada kesempatan tersebut, juga memberikan apresiasi kepada Kemenhumham yang sudah meningkatkan status Rumah Tahanan (Rutan) Saumlaki menjadi Lapas Kelas III.

“Ini tentu memberikan manfaat dalam peningkatan pelayanan yang lebih baik, dan ketersediaan fasilitas yang lebih memadai bagi para warga binaan,” pungkasnya.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button