Amboina

DPMPTSP-DPPRD Kota Ambon Dicanangkan Sebagai Objek Pelaksana Pembangunan Zona Integritas

potretmaluku.idPenjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mencanangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Pengelolaan Pajak Retribusi Daerah (DPPRD) Kota Ambon sebagai dua OPD pembangunan zona integritas.

Dua instansi itu dicanangkan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pencanangan itu dilaksanakan di Balai Kota, Rabu (20/09/2022).

Pencanangan itu dilaksanakan sekaligus dengan penandatanganan piagam oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, dan para Asisten pemerintah kota (pemkot) serta Staf Ahli, dan Kepala Inpektorat Kota Ambon.

Bodewin dalam sambutan menyampaikan, DPMPTSP dan DPPRD dicanangkan sebagai objek pelaksaan pembangunan zona integritas lantaran memiliki syarat ketentuan guna mendapatkan WBK/WBBM.

Ia menyebut DPMPTSP dan DPPRD merupakan OPD pelayanan publik yang mendapat penilaian Ombudsman, memiliki nilai center for prevention yang baik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

“Infrastruktur, sarana dan prasarana dua instansi itu juga mendukung dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Tak hanya pemenuhan syarat, dua OPD ini juga harus siap menjalankan delapan (8) tugas area reformasi birokrasi, yakni regulasi kebijakan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem menejemen sumber daya manusia aparatur, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Tujuan pebanguanan zona integritas adalah untuk mempercepat pencapaian sasaran birokrasi reformasi yang terdapat pada road map reformasi birokrasi tahun 2020/2024.

“Utamanya terkait dengan birokrasi yang bersih dan akuntabel dan pelayanan publik yang prima,” tegasnya.

Bodewin berharap pencanangan itu dapat membersihkan nama Pemkot Ambon di masyarakat, serta dapat memberikan pelayanan yang baik kepada publik, yang kemudian menjadi contoh sekaligus lokomotif pembangunan zona integritas bagi seluruh OPD.

”Saya harap komitmen untuk membangun zona integritas kedua daerah ini dapat mewujudkan wilayah bebas dari korupsi, dan wilayah lokasi bersih melayani sehingga kedepan dapat memberikan dampak positif bagi perangkat daerah lainnya, agar dapat menerapkan ini semua,” ungkapnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button