AmboinaMaluku

Basarnas Ambon Kerahkan 108 Personil SAR untuk Siaga Angkutan Lebaran

potretmaluku.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon mengerahkan 108 personel siaga search and rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan di moment Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan upacara apel kesiapsiagaan menjelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di halaman serbaguna, Rabu (3/4/2024).

“Kegiatan siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 16 hari terhitung sejak hari ini hingga 18 April mendatang,” kata Arif Anwar.

Dia menjelaskan, siaga SAR itu dilakukan untuk mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya.

Kata dia, 108 personil itu tersebar di sejumlah titik, baik di unit siaga SAR Seram Bagian Timur (SBT), unit siaga SAR Kepulauan Aru, pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Namlea, dan Pos SAR Banda.

“Itu disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadi bencana/musibah seperti tempat wisata, pelabuhan dan juga bandara,” ujarnya.

Selain itu, Kantor SAR Ambon juga menyiagakan Alat Utama (Alut) berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), rescue car, rescue truck, drone thermal, peralatan selam, peralatan emergency kit (Medis), dan peralatan Aqua Eye.

Kantor SAR Ambon yang tergabung dalam posko terpadu angkutan mudik lebaran Provinsi Maluku juga akan melakukan mobile patroli setiap hari ke tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan juga bandara.

“Kami berharap pelaksanaan siaga SAR khusus berjalan dengan lancar, aman, dan semoga tidak ada kejadian-kejadian yang dapat merugikan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat yang mudik menggunakan transportasi laut tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan,” tambah Arif Anwar. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button