Maluku Tengah

Abdullah Bagi 1000 Bibit Kelapa Unggulan ke Petani di Malteng

potretmaluku.id – Anggota Komisi IV DPR RI Abdullah Tuasikal memberikan dukungan kepada masyarakat petani di Maluku, melalui bantuan pembibitan berupa bibit kelapa unggulan.

Bantuan ini merupakan aspirasi Abdullah, yang dibagikan kepada sejumlah kelompok tani di Kilo 6, Amahai, Maluku Tengah, Sabtu (9/10/2021).

“Ada beberapa jenis bibit kelapa yang didatangkan dan itu bibit unggulan yang sebelumnya belum ada di Maluku,” kata Abdullah.

Dia katakan, bibit kelapa yang diberikan itu berjumlah 1.000, yang terdiri dari kelapa pandan wangi, kelapa genja kuning, kelapa entong, dan kelapa genja skopior dengan jumlah 1.000 anakan.

Menurut Abdullah, empat jenis kelapa itu bisa tumbuh cepat dan berbuah dalam kurun waktu tiga tahun setelah tanam. Dan ini kelapa tingginya lebih dari dua meter sudah berbuah.

“Jadi bapak-bapak tidak perlu lagi manjat pohon untuk memetik buah,” jelas mantan Bupati Maluku Tengah ini.

Ia menjelaskan, tekstur tanah di Pulau Seram sangat cocok untuk empat jenis kelapa itu, sehingga dirinya berkeinginan untuk mendatangkan bibit kelapa itu untuk ditanam.

Abdullah katakan, dalam rapat kerja bersama Dirjen Kementerian Pertanian, telah diusulkan agar Maluku harus diberikan bantuan bibit kelapa unggulan itu. Sebab, selain cengkeh dan pala, Maluku juga fokus pada kopra.

Sementara untuk menghasilkan kopra, kata dia, selama ini yang mengandalkan kelapa dalam dan hibrida yang waktu produksi buah cukup lama.

“Jadi dengan kelapa ini tidak butuh waktu lama sudah nikmati hasil,” jelas Abdullah.

Mantan Bupati Maluku Tengah itu berharap ada kerja sama yang baik antara kelompok tani dengan penyuluh, agar ada kesinambungan dan perkembangan kerja kelompok berdampak terhadap kesejahteraan.

“Saya harap bibit yang diberikan dapat dimanfaatkan secara baik oleh kelompok tani agar bisa bernilai ekonomis bagi para petani,” tandasnya.(MEL)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button