MalukuNasional

500 Lebih Perawat se-Indonesia ikut Rakernas PPNI di Ambon

potretmaluku.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (9/6/2023).

Rakernas yang dibuka oleh Ketua Umum DPP PPNI, Harif Fadhillah dan Asisten III Setda Provinsi Maluku itu dihadiri oleh 500 lebih perawat dari berbagai Daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPP PPNI, Harif Fadhillah mengatakan, Rakernas yang digelar di Maluku merupakan yang pertama pasca Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2021 di Bali.

Kata Harif, rakernas PPNI sengaja dilaksanakan di Maluku sebagai representasi dari PPNI di wilayah timur. “Dan kami ingin juga menguji PPNI yang ada di ujung barat hadir disini, ternyata teman-teman dari wilayah barat banyak yang datang, ini antusias yang luar biasa,” kata Harif.

Menurutnya, PPNI memiliki peran penting dalam membantu perawat menghadapi tantangan di masa depan. PPNI harus memastikan perawat memiliki akses ke pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Selain itu, PPNI juga harus mendorong kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan penelitian guna menghasilkan pengetahuan baru dalam bidang perawatan kesehatan,” kata Fadhillah.

“PPNI harus memperjuangkan hak-hak perawat, termasuk peningkatan upah, perlindungan hukum, dan kondisi kerja yang baik,” tutur dia.

Dia menyebut, rakernas PPNI akan diisi beberapa kegiatan, diantaranya seminar tentang isu RUU Kesehatan Omnibus Law dan dilanjutkan dengan sidang-sidang pleno.

“Ada pleno perkembangan organisasi DPP PPNI, pembahasan perkembangan RUU Kesehatan OBL, penyampaian perkembangan organisasi DPP dan DW PPNI Provinsi se-Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, ada beberapa tujuan dari rakernas tersebut, diantaranya, Merumuskan Kebijakan Organisasi. Rakernas ini merupakan forum yang penting untuk merumuskan kebijakan dan arah organisasi. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi isu-isu kunci di bidang perawatan kesehatan dan mengembangkan strategi untuk menghadapinya.

Rakernas PPNI akan membahas dan mengambil keputusan terkait standar praktik, regulasi, keanggotaan, dan peran organisasi dalam mendorong pengembangan profesi perawat.

Berikutnya meningkatkan kompetensi profesional, salah satu tujuan penting dari rakernas PPNI adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas profesional perawat.

Melalui lokakarya, seminar, presentasi, dan pertukaran pengetahuan antara perawat dari berbagai latar belakang, Rakernas PPNI bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat dalam memberikan asuhan yang berkualitas kepada pasien.

Rakernas itu juga untuk mempertajam visi dan misi PPNI. Rakernas PPNI menjadi momen penting untuk merefleksikan dan memperbarui visi dan misi PPNI sebagai organisasi profesi perawat.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi perubahan lingkungan yang terjadi dan mengadaptasi tujuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan perawat dan tuntutan pelayanan kesehatan yang berkembang.

Selain itu, memperkuat jaringan dan kolaborasi. Rakernas PPNI menyediakan kesempatan bagi perawat dari berbagai wilayah untuk berkumpul dan berinteraksi. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat jaringan profesional, membagikan pengalaman, dan mendorong kolaborasi antara perawat di seluruh Indonesia.

Melalui pertukaran pengetahuan dan ide-ide, Rakernas PPNI bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam profesi perawat.

Selanjutnya, mengadvokasi Profesi Perawat: Salah satu tujuan penting dari Rakernas PPNI adalah untuk meningkatkan pengakuan dan perlindungan terhadap profesi perawat.

Melalui forum tersebut, PPNI dapat mengadvokasi hak-hak perawat, memperjuangkan kebijakan yang mendukung pengembangan dan kesejahteraan perawat, serta meningkatkan citra dan martabat profesi perawat di mata masyarakat.

Lewat pencapaian tujuan-tujuan ini, Rakernas PPNI berkontribusi pada pengembangan dan kemajuan profesi perawat serta pelayanan kesehatan di Indonesia. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button