Amboina

Yusuf Wally Minta Pemkot Ambon Manfaatkan Sektor Lain yang Berpotensi Tingkatkan PAD

potretmaluku.id – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Ambon Yusuf Wally berharap PAD Kota Ambon tidak hanya bergantung pada pajak dan retribusi yang selama ini diperoleh.

Kata dia, untuk meningkatkan PAD, sumber-sumber potensial dari sektor lainnya juga harus digali. Hal tersebut disampaikan kepada wartawan usai Paripurna Penyerahan KUA PPAS Perubahan Tahun 2022, Rabu (12/10/2022).

“Kalau PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi itu diperoleh rutin setiap bulan itu bagus. Tapi harus juga memanfaatkan aset lainnya yang berpotensi mendongkrak peningkatan PAD. Karena itu juga bisa menjadi tumpuan utama,” ujar Yusuf.

Kata dia, sebaiknya potensi-potensi dari berbagai sumber seperti pemanfaatan aset harus dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD. Hal itu harus dipikirkan oleh Dispenda dan seluruh OPD pengumpul lainnya di Kota Ambon.

Yusuf mengakui, selama ini pemanfaatan aset sudah berjalan baik, seperti pemanfaatan aset oleh Dispenda dan dinas pengumpul. Namun belum terlihat memaksimalkan aset yang ada serta inovasi dalam peningkatan retribusi daerah.

“Ini harus dipikirkan sekarang. Harus bisa mengelola aset secara produktif untuk memperoleh target pendapatan asli daerah,” terangnya.

Menurutnya, harus ada dorongan agar pemanfaatan aset ini bisa dalam skala yang lebih besar, supaya PAD pun bisa ditingkatkan. Jika keadaan ini tidak diubah, maka pendapatan yang ditargetkan akan sulit tercapai.

Ambil misal sumber PAD dari jasa Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Penerangan Jalan, Parkir, Air Bawah Tanah, Mineral bukan Logam dan batuan, PBBP2, dan BPHTB, serta sumber Retribusi Jasa Umum, Retribusi Jasa Usaha dan Retribusi perizinan tertentu.

Semuanya harus ditingkatkan dalam skala yang lebih besar lewat berbagai inovasi dengan memanfaatkan aset yang ada. “Kalau itu dilakukan, maka dengan sendirinya akan terjadi peningkatan terhadap PAD secara signifikan,” cetusnya.

Ketua DPD PKS Kota Ambon itu menyebut sudah saatnya Dispenda dan semua OPD pengumpul bisa memaksimalkan aset secara produktif.

“Ini semua dapat dilakukan kedepan karena potensi itu ada di Kota Ambon,” tandasnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button