Seni BudayaNasional

WBI Hadir untuk Jaga Integritas Tradisi Budaya Indonesia

potretmaluku.id – Yayasan Warisan Budaya Indonesia atau Indonesia Culture Heritage hadir untuk menjaga integritas tradisi budaya Indonesia, dan meningkatkan kehidupan berbudaya pada masyarakat Indonesia dengan melestarikan dan senantiasa memprioritaskan warisan budaya Indonesia.

“Warisan Budaya Indonesia (WBI) merupakan salah satu upaya kami mengajak generasi muda untuk sama-sama menggiatkan aksi cinta dan lestarikan budaya bangsa,” ujar Yanti Airlangga, salah satu Founder WBI saat launching WBI di The Langham Jakarta, Rabu (23/3/2022) malam.

Yanti katakan, media sosial dipilih sebagai salah satu medium untuk menyuarakan aksi tersebut agar lebih dekat menjangkau banyak masyarakat, bukan hanya di Indonesia namun dunia.

“Dengan adanya WBI ini, diharapkan akan banyak aksi-aksi nyata di masyarakat yang menggelorakan pengaplikasian pelestarian budaya,” imbuhnya.

Sebab saat ini, kata Yanti, sudah semakin sedikit acara-acara yang menggunakan pakaian adat atau pakaian tradisional.

IMG 20220324 131341
Founder Jelajah Bineka (JeBi) Erika Widyaningsih (kiri) saat launching Yayasan Warisan Budaya Indonesia atau Indonesia Culture Heritage di Jakarta, Rabu (23/3/2022) malam.(Foto: potretmaluku.id/Dok. Jelajah Bineka)

“Oleh sebab itu kami mencoba memulainya, dan diharapkan ini akan terus digiatkan oleh generasi muda sampai penerus selanjutnya,” harap Yanti.

Selain itu, Yanti berharap hadirnya WBI dapat menjadi penarik devisa negara yang membawa kesejahteraan bagi pelaku budaya.

“Dengan sudah semakin membaiknya perekonomian bangsa ini, kondisi pandemi pun semakin terkendali, kami sangat berharap upaya yang diinisiasi WBI ini bisa memberikan kebaikan dan kesejahteraan bagi pelaku budaya Indonesia,” tuturnya.

Dia menambahkan, oleh sebab itu pihaknya sangat terbuka dengan segala kesempatan untuk bermitra atau bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki harapan yang sama agar budaya Indonesia bisa terus dipertahankan dan dikembangkan.

Selian itu, Yanti sampaikan bahwa WBI juga turut membantu pelaku UMKM wastra Nusantara melalui penjualan secara online, membawa koleksi wastra Nusantara untuk dipamerkan di manca negara, dan mengajak generasi muda atau milenial lebih mengenal budaya dan adat istiadat setempat.

WBI juga, kata Yanti, terus berupaya menjalin kerjasama dengan barbagai pihak yang memiliki harapan yang sama, agar budaya Indonesia bisa terus dipertahankan dan dikembangkan.

Yayasan Warisan Budaya Indonesia sendiri dicetuskan oleh para pencinta budaya, seperti Yanti Airlangga, Loemongga Agus Gumiwang, Pandu Sjahrir, Sari Agus Suparmanto, Anindya Bakrie, Gista Wishnutama, Liliana Tanoesoedibjo, Raffi Ahmad, Emmanuel L. Wanandi, dan Meutya Hafid.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button