Amboina

Wattimena Sebut Ambon Bisa Bersih dari Sampah, Jika Seluruh Elemen Bersinergi

potretmaluku.id – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena berharap Ambon Bersih yang merupakan salah satu dari 11 kebijakan prioritasnya dapat terwujud. Itu disampaikan saat membuka kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Cafe Teluk Ambon, Kecamatan Baguala, Selasa (21/2/2023).

Kata Wattimena, untuk mewujudkan kebijakan tersebut, maka harus ada sinergitas dari semua pihak termasuk masyarakat agar ada kesadaran terkait dengan memperhatikan lingkungan yang telah dijaga dan dirawat.

“Saya bilang di mana-mana bahwa Ambon Bersih sesungguhnya bisa diwujudkan kalau tercipta sinergitas antara seluruh elemen bersama pemerintah,” ujar Wattimena.

Kata dia, pemkot sedang berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini dari lapisan paling bawah, yakni mengerahkan masyarakat dari tingkat RT/RW, sehingga hal ini dapat membangkitkan rasa tanggung jawab dan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ditempat dan waktu yang tepat.

Pemkot telah menyerahkan tanggung jawab itu ke kecamatan dan kemudian akan didistribusikan ke desa/kelurahan dan negeri untuk melakukan pengelolaan sampah secara langsung.

“Tidak lagi kita lakukan ditingkat pemkot supaya makin kecil ruang lingkupnya, lalu bisa memicu keterlibatan masyarakat lewat RT/RW dan seterusnya,” jelasnya.

Lewat peringatan HPSN ini, Wattimena berharap seluruh elemen, baik itu masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP), serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan lainnya dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan Ambon Bersih.

“Di HPSN ini saya mengajak kita semua sama-sama berkolaborasi dan bersinergi untuk mengatasi persoalan sampah di kota Ambon,” cetusnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button