Amboina

Wali Kota Ambon Optimis Kecil Kemungkinan Sengketa Pilkades Serentak

potretmaluku.id – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan, dari hasil pantauan secara langsung di beberapa TPS, terlihat partisipasi masyarakat sangat tinggi, Pilkades Serentak di Kota Ambon, Kamis (7/4/2022).

“Saya optimis partisipasi masyarakat luar biasa, sangat transparan, dan kemungkinan untuk adanya sengketa sangat kecil, prinsipnya jangan ada dusta diantara kita,” ujar Richard usai memantau pelaksanaan langsung Pilkades Serentak, di TPS 03 Desa Poka, Kamis (7/4/2022).

Dirinya menjelaskan, dalam kunjungan ke TPS – TPS disampaikan bahwa ada warga Desa yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) datang menyalurkan hak pilih dengan menunjukan KTP.

“Jadi prinsipnya seluruh penduduk kita dorong untuk partisipasi, kadang karena kelemahan administrasi, dia tidak masuk DPT, tapi punya KTP jadi silahkan mendaftar, setelah lewat jam 12.00 WIT mereka dapat menggunakan hak pilih,” bebernya.

Menurut Richard, jika ada warga yang tidak terdaftar namanya di DPT namun datang untuk menyalrukan hak pilih, hal itu merupakan indikasi positif.

“Ada yang nama tidak ada dalam DPT, punya KTP, tapi tidak datang, itu jadi keprihatinan. tapi ini luar biasa, jadi perlu kita sambut untuk pendidikan demokrasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain menyoroti tingginya partisipasi warga, Wali Kota juga menghimbau para saksi agar dapat mengusahakan penyelesaiaan secara kekeluargaan bilamana terjadi sengketa.

“Saya sudah himbau para saksi bisa beda pendapat, tapi bermuara pada siapa kepala desa oleh karena itu, kalau ada yang berbeda selesaikan secara kekeluargaan saja,” tutupnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler, beserta jajaran Forkopimda Kota Ambon, didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmase, dan Pimpinan OPD di Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, memantau secara langsung pelaksanaan Pilkades Serentak di sejumlah TPS pada desa-desa penyelenggara.

TPS yang dikunjungi Wali Kota bersama rombongan yakni TPS 9 Desa Waiheru, TPS 02 Desa Nania, TPS 02 Desa Negeri Lama, TPS 01 Desa Hunut, TPS 02 Desa Wayame, dan TPS 03 Desa Poka.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button