MalukuPolitik

Wahid Akui Widya Gabung Bersama PAN

potretmaluku.id – Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Maluku, Widya Pratiwi Murad pindah lompat dari PDI Perjuangan ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Kepindahan istri Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Murad Ismail itu bukan hanya sekedar isu, namun memang telah pasti.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Maluku, Wahid Laitupa mengakui, istri Gubernur Maluku, Widya Pratiwi Murad telah bergabung bersama PAN.

Kata Wahid, secara administratif, usulan belum disampaikan secara resmi ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN. Namun yang pasti, komitmen untuk bergabung telah disampaikan.

“Iya, beliau telah bergabung dengan PAN. Tapi soal kenapa beliau pindah dari PDIP ke PAN itu bukan kewenangan kami, tanyakan saja ke yang bersangkutan,” ujar Wahid saat dikonfirmasi potretmaluku.id kemarin.

Kata dia, mungkin saja PDI Perjuangan juga sudah tahu tentang kemunduran Widya, jadi menyangkut detailnya nanti tanyakan langsung ke PDIP. Yang pasti, PAN sangat welcome untuk Widya.

Menurutnya, kepindahan Widya ke PAN merupakan satu kehormatan bagi DPW PAN Maluku. Dia juga mengaku, perpindahan Widya juga menjadi harapan DPW PAN Maluku menuju sebuah perubahan.

“Tentu ini bukan sebuah rekayasa, bukan sebuah konspirasi. Tapi ini adalah rahmat yang tidak terbayangkan. Karena itu, ketika keinginan beliau untuk bergabung, sebagai pimpinan partai, saya tidak mungkin menolak dong,” cetusnya.

Sebagai ketua partai, lanjut Wahid, dirinya sangat menyambut baik bergabungnya Widya ke PAN. Sebab, PAN butuh sosok figur untuk mewujudkan satu kursi dari Maluku untuk DPR RI.

Widya bergabung ke PAN untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk daerah pemilihan (Dapil) Maluku di pemilu legislatif Tahun 2024 mendatang.

Di PAN sendiri belum ada pleno penetapan nomor urut bagi bakal calon anggota legislatif. Sehingga sampai saat ini PAN masih membuka ruang bagi para tokoh publik dari semua kalangan untuk bergabung bersama PAN.

“Jadi kalau soal nomor urut nanti, itu kewenangannya ada pada DPP PAN,” jelas Wahid.

Alasan Widya lompat partai dari PDI Perjuangan ke PAN disinyalir lantaran tidak mendapat nomor urut 1 sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR-RI dapil Maluku sesuai keinginan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun potretmaluku.id, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu masih menaruh kepercayaan ke Mercy Barends untuk posisi nomor urut 1 sebagai calon anggota legislatif di pileg 2024.

Sedangkan Widya ditempatkan di nomor urut 3, di nomor urut 2 ditempati Herman Koedoeboen dan nomor urut 4 ada nama mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Edwin Adrian Huwae.

Beberapa elit PDI Perjuangan Maluku saat dikonfirmasi via panggilan telephon dan pesan WhatsApp terkait alasan pindah partai oleh Widya ke PAN, enggan berkomentar. Mereka justru mengarahkan untuk mengkonfirmasinya ke DPP PDI Perjuangan.

“Soal alasan itu, kami tidak tahu. Silahkan tanya saja ke DPP adik,” jawab salah satu fungsionaris PDI Perjuangan Maluku yang enggan namanya ditulis. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button