MalukuPolitik

Tiga Pengawas Pemilu 2024 di Maluku Meninggal Dunia

potretmaluku.id – Tiga orang pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Provinsi Maluku meninggal dunia saat menjalankan tugas di Pemilu 2024. Tiga pengawas TPS ini meninggal diduga karena kelelahan.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku, Subair mengatakan,tiga jajaran Bawaslu di tingkat desa itu meninggal dunia dalam melakukan penugasan selama tahapan Pemilu berlangsung.

“Ini lebih banyak dibanding tahun 2019. Tetapi tahun 2019 yang didominasi sakit karena kelelahan,” kata Subair, Senin (19/2/2023).

Satu diantara ketiga orang itu berasal dari Maluku Tenggara (Malra). Dia meninggal karena sakit pada tahapan pemutakhiran data. Kemudian satunya lagi meninggal dalam melaksanakan tugas pengawasan distribusi logistik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

“Sementara satu pengawas TPS lainnya di KKT juga meninggal dunia. Dia diduga bunuh diri setelah menyerahkan laporan pengawasan ke panwascam,” ujarnya.

Sebelum berikan mandat kepada pengawas pemilu, Subair mengaku telah melakukan mitigasi dengan mewajibkan persyaratan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter pada saat pendaftaran pengawas.

Selain itu juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk melakukan pendataan riwayat kesehatan kepada seluruh pengawas.

β€œItu untuk mengantisipasi jika ada yg memiliki riwayat gangguan kesehatan. Jadi kami juga menyediakan santunan kepada pengawas yang sakit, kecelakaan saat melakukan tugas dan atau meninggal dunia,” katanya.

Meski begitu, Subair mengaku pekerjaan pengawas saat ini tidak terlalu berat, termasuk juga untuk pengawas TPS yang masa kerjanya berakhir pada 21 Februari 2024.

Kata dia, mulai 21 Februari mendatang, sudah tidak lagi ada beban tugas jika sudah menyerahkan laporan. “Begitu pun pengawas TPS yang tugasnya mengawasi pergeseran surat suara dari TPS ke kecamatan, beban tugasnya sudah tidak berat,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button