Kepulauan TanimbarNasional

SKK-Migas Pamalu-KKKS Inpex Tanam Ratusan Anakan Mohon

Dalam Rangka Peringatan Hari Pangan Se-Dunia

potretmaluku.id- SKK-Migas Pamalu-KKKS Inpex Masela Ltd, sukses menggelar aksi penanaman ratusan anakan pohon ragam jenis, dalam rangka peringati hari pangan se-dunia di lahan milik Unsela Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin 16 Oktober 2023.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RSL) dan Universitas Lelemuku Saumlaki.

Anakan pohon yang ditanam terdiri dari  100 bibit mangga  aromanis, 100 bibit pohon tanjung, 100 bibit trambesy dan 100 bibit pohon mahoni, serta pelaksanaan bank bibit dalam proses penyemaian bibit agroforestry dan bibit pohon endemik sebanyak 750 bibit.

SKK Migas dalam perencanaan strategis _Indonesia Oil and Gas (IOG)_ 4.0 menjadikan lingkungan sebagai salah satu tujuan dalam memperhatikan lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon yang merupakan komitmen industri hulu migas agar terus melakukan penghijauan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan serta upaya pemulihan lingkungan yang tetap konsisten menjaga kinerja industri hulu migas nasional dalam peningkatan produksi migas untuk mencapai target satu juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari di tahun 2030,” ujar Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Pamalu Bpk Galih W. Agusetiawan.

Acara penanaman pohon dihadiri, Rektor Universitas Lelemuku Saumlaki Ibu Ferly A. Sairmaly bersama seluruh civitas akademika, Ketua Yayasan Rumpun Lelemuku YPT-RLS Bpk Polly Lalamafu, Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar diwakili Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Bpk Dodo Hutabarat yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Forkompimda Kepulauan Tanimbar, Kepala Departement Formalitas dan Komunikasi SKK Migas wilayah Pamalu Bpk Galih W. Agusetiawan, KKKS Inpex Masela Ldt. Aron Kelitadan, dan Pimpinan Bank se-cabang di Saumlaki.

Mengawali kegiatan penanaman pohon, Sekertaris Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki Bpk Olivier Srue menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas-KKKS Inpex Masela, atas kehadiran dalam kegiatan peringati hari pangan sedunia.

“Kegiatan hari ini adalah bentuk kolaborasi dan komitmen bersama YPT-RLS dan Universitas Lelemuku dalam mendukung pemanasan global, yang dimulai dengan penanam pohon penghijauan dan Bank Bibit di Universitas Lelemuku Saumlaki”.

Rektor Universitas Lelemuku Saumlaki Ibu Ferly A. Sairmaly dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas dukungan SKK Migas-KKKS Inpex Masela dalam pelaksanaan PPM bidang Lingkungan penanaman pohon penghijauan dan Bank Bibit sebagai wujud kolaborasi yang akan menjadi _raodmodel_ untuk dapat berjuang dengan apa yang dimiliki saat ini agar selanjutnya dapat berkontribusi bagi masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan yang kreatif, inovasi dan mandiri sesuai salah satu visi Unlesa yakni Unggul, terpercaya dan berdaya saing berbasis kearifan lokal.

Ferly juga mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat didaerah kepulauan Tanimbar agar dapat memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan pertanian agar memberikan dampak positif dalam menjaga ketersediaan pangan lokal sehinga dapat bermanfaat mengurangi angka stunting nantinya di daerah.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Pamalu Bpk Galih W. Agusetiawan juga mengaku, semenjak pertama kali datang di Tanimbar, ada satu energi yang luar biasa dirasakan saat itu yaitu energi pengabdian (energi berbagi dan energi melayani).

Galih menambahkan, saat ini energi yang sama dikeluarkan Bapak Ibu tumbuh dan terlihat, sama seperti kegiatan kita hari untuk menumbuhkan bibit yang ditanam bersama, energinya untuk menjadi lebih baik. Seperti cerita bibit buah kurma yang hidup dipadang gurun, bukan hanya disiram tetapi bibitnya ditindih oleh batu besar agar akar kurma tersebut bertumbuh ke bawah hingga kuat dan mampu mendorong batu tersebut untuk bertumbuh, itulah semangat Universitas Lelemuku Saumlaki.

Begitu pula kegiatan peringati Hari Pangan Se-Dunia, mari menjaga ketahanan pangan bersama, hal yang sama juga seperti kegiatan Industri Hulu Migas dalam menjaga ketahan energi untuk Indonesia. Harapan tersebut disederhanakan dengan perumpamaan

“buah Durian yang manis dan enak saat dibeli, dan tidak pernah pembeli bertanya siapa yang menanamnya?, artinya bibit yang ditanam hari ini, kegiatan eksplorasi hulu migas yang dilaksanakan hari ini, akan dinikmati anak cucu kita dimasa depan untuk lebih baik”, Kata Galih.

Sambutan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Bpk Dodo Hutabarat sebelum kegiatan penanaman pohon, menyampaikan kegiatan PPM Bidang Lingkungan di Universitas Lelemuku menunjukkan kolaborasi yang baik dimana belum ada jurusan pertanian namun mampu melakukan terobosan dalam pelaksanan penanaman pohon dihari Pangan Se-Dunia.

Dalam pelaksanaan kegiatan PPM bidang lingkungan, diperlukan pendampingan karena apa yang kita buat hari ini, pemerintah daerah sangat mendukung serta menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas-KKKS Inpex Masela untuk kolaborasinya. Perlunya energi bersama untuk menjaga ketahanan pangan di daerah, karena apa yang kita lakukan hari ini, akan dinikmati oleh generasi kita, ungkap Dodo.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan pelaksanaan penanaman pohon di sekitaran kampus Universitas Lelemuku Saumlaki.(TIA)

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button