MalukuOlahraga

Seleksi Atlit Kejurnas dan Pra PON, PERCASI Maluku Gelar Kejurprov Catur 2022

potretmaluku.id – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Maluku resmi membuka Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Tahun 2022, Sabtu (14/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Meeting Room Hotel Le Green Ambon itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku, Sandi Wattimena.

Ketua PERCASI Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae kepada wartawan mengatakan, Kejurprov catur merupakan agenda wajib bagi Pengprov PERCASI di seluruh daerah.

Karena melalui kejuaraan provinsi itulah, menjadi pintu masuk bagi atlet catur untuk naik level secara nasional, baik di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun kejuaraan lainnya.

“Nah, tanggungjawab Pengprov PERCASI Maluku adalah membina, melatih serta mempersiapkan atlit untuk diikutsertakan dalam setiap kejuaraan catur di Indonesia,” kata Huwae.

Dia menyebutkan, sebanyak 97 atlet dari perwakilan PERCASI kabupaten/kota se Maluku yang ikut beradu dalam dua kategori yang dipertandingkan selama tiga hari, yakni kategori senior dan juga kategori junior.

“Hasil dari Kejuaraan Provinsi ini akan diikutkan dalam Kejurnas dan juga disiapkan untuk ikut Pra PON tahun 2023 mendatang,” jelasnya.

Tak hanya untuk kejurnas dan Pra PON 2023, Huwae juga berharap, dalam PON 2024 di Aceh nanti, Maluku bisa kirimkan lebih banyak catur. Karena sebelumnya, Maluku hanya mengirimkan satu atlit saja dari cabang olahraga catur.

“Kita berharap PON 2024, kita harus kirim lebih dari satu. Kita harus biasakan mereka ikuti pertandingan, supaya kualitas dan kemampuan individu kita tingkatkan agar saatnya lahir atlet carur maluku yang siap dalam bertanding dan siap juara,” tandasnya. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button