Amboina

Sekot Ambon: Warga Meninggal, Disdukcapil Bisa Langsung Serahkan Akta Kematian

potretmaluku.id – Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Agus Ririmase memnta aparatur desa atau negeri dan kelurahan untuk secepat mungkin melaporkan, jika ada warga yang meninggal, agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bisa menerbitkan akte kematian dapat diterbitkan.

“Segera laporkan ke Disdukcapil agar bisa segera diterbitkan akte kematian, dan langsung diserahkan kepada keluarga yang mengalami dukacita,” ujar Agus Ririmasse, yang hadir pada acara pemakaman salah satu warga di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kamis (13/1/2022).

Menurut Agus, Disdukcapil Kota Ambon mulai melaksanakan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) terintegrasi, bagi masyarakat yang mengalami dukacita.

“Disdukcapil adalah dinas pelayanan publik yang wajib hukumnya memberikan lakukan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat, karena itu merupakan hak warga kota,” tandasnya.

Selain akte kematian, lanjut Agus, turut diserahkan pula KTP kepada suami atau istri, dengan status cerai mati, dan Kartu Keluarga yang baru.

“Petugas Dukcapil yang akan langsung menyerahkan Akta Kematian kepada masyarakat atau diwakili oleh aparatur desa/negeri dan kelurahan pada saat acara pemakaman,” terang Agus..

Dia mengakui kedepan dirinya akan berupaya agar penyerahan akte kematian juga dibarengi dengan santunan duka bagi keluarga.

“Nantinya bukan saja dukumen, tetapi juga disertai dengan santunan duka. Jadi petugas Dukcapil tidak datang dengan ‘tangan kosong,” bebernya.

Agus mengingatkan, pelayanan Adminduk terintegrasi Disdukcapil akan terus dioptimalkan olehnya selaku pejabat yang ditunjuk oleh wali kota dan wakil wali kota untuk melakukan  pembenaahan pada Dinas Dukcapil Kota Ambon.

“Bukan saja akte kematian, tetapi akta kelahiran, akte pernikahan, semua dokumen Adminduk akan dilayani secara terintegrasi,” pungkasnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button