Maluku

Rencana Pembangunan Fly Over di Pesisir Kota Ambon, Tergantung Koordinasi Pemda

potretmaluku.id – Rencana pembangunan fly over di pesisir pantai di Kota Ambon hingga kini belum ada tindaklanjut dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Padahal, pada Agustus 2022 lalu telah dilakukan Focus group discussion (FGD) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Polda Maluku, dan Satlantas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease.

Kepala Satuan Kerja (Satker) I Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku, Wan Talaohu kepada wartawan mengatakan, rencana pembangunan fly over di pesisir Kota Ambon itu telah diusulkan oleh pemerintah daerah. Bukan hanya untuk mengurai kemacetan saja, namun juga untuk menghindari kecelakaan lalulintas.

Kata dia, itu masih harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, baik Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, maupun Pemprov Maluku. Terkait rencana tersebut, telah dilakukan FGD beberapa lalu.

“Itu sudah dilakukan FGD, tapi sudah kurang lebih 1 Tahun ini, kita tidak tahu kemana rimbanya,” kata Talaohu kepada wartawan.

Menurutnya, pemkot harusnya membahas rencana tersebut bersama pemerintah provinsi. Kemudian resumenya itu rekomendasikan disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kalau sudah dilakukan, maka akan dibahas di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan juga di DPR RI, dan dikawal disana.

“Kalau semua tahapan itu sudah oke, dan telah disetujui di DPR, baru bisa dilanjutkan dengan ditentukan seluruhnya berdasarkan persyaratan pembangunan,” tuturnya.

Talaohu menyebutkan, jika seluruh tahapan sudah dilakukan dan masuk ke Kementerian PUPR, disitu akan dibuat semua desain pembangunan, sehingga pembangunan itu bisa dilaksanakan.

“Minimal dengan telah melaksanakan FGD itu sudah luar biasa. Karena sudah masuk dalam daftar perencanaan. Tapi kalau tidak ada tindaklanjut, sama saja. Jadi tergantung koordinasi antar pemerintah daerah,” jelas Talaohu. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button