Amboina

Pemkot Ambon Tunggu Realisasi Anggaran Bencana Gempa Tahap II dari BNPB

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, saat ini sementara menunggu realisasi anggaran
Bencana Gempa Tahap II dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengungkapkan, saat ini pihaknya hanya menanti proses selanjutnya.

“Untuk pencairan itu kewenangan pusat, kita hanya memperjuangkan, memberikan data. Jadi, Pemkot hanya menanti,” ungkap Wattimena di sela–sela program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) di Balai Kota, Jumat kemarin (21/10/2022).

Dia katakan, sebelumnya BNPB tidak lagi menyelesaikan anggaran tersebut, akan tetapi, Pemkot bersikeras agar diselesaikan, dikarenakan apabila pencairan hanya pada satu pihak yakni untuk korban gempa yang kerusakannya berat, maka akan menimbulkan permasalahan pada dua kategori kerusakan lainnya, yakni: rusak ringan, dan rusak sedang.

“Saya katakan tidak bisa, kecuali dari awal kebijakan ini hanya untuk rusak berat mereka tidak mau bantu yang rusak sedang dan ringan, saya bilang siapa yang mau tanggung jawab dengan gejolak yang terjadi di kota Ambon dan saya menolak,” ulasnya.

Terkait dengan alasan itu, maka Pempus dalam hal ini BNPB menyetujui pertimbangan tersebut, dan kemudian memanggil Pemkot untuk memasukkan data warga terdampak bencana Gempa Bumi Tahun 2019, yang kemudian akan segera dicairkan hak mereka.

“Dan mereka merespon dengan positif  Kepala Pelaksana BPBD Kota telah dipanggil, dan mereka sudah setuju untuk kategori berat, sedang, ringan,” tandas Bodewin.

Dirinya meminta kepada warga Kota Ambon yang terdampak bencana Gempa 3 tahun silam agar bersabar. Anggaran tersebut tetap akan dicairkan, dan langsung kerekening mereka. Menurutnya, Pemkot hanya sebagai perantara, sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan ditahan di kas daerah.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button