AmboinaHukum & Kriminal

Sering Jadi Pemicu Bentrokan, Pemkot Ambon Apresiasi Pemusnahan Miras

potretmaluku.id – Konsumsi minuman keras (Miras) yang berlebihan, seringkali menjadi faktor penyebab terjadinya kerawanan dan bentrokan masyarakat.

Oleh sebab itu, kegiatan razia dan pemusnahan Miras yang dilakukan oleh Polresta Pulau Ambon dan PP. Lease diapresasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Selaku Pemkot Ambon kami memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasihkepada Kapolresta, Wakapolresta dan jajaran, yang setiap waktu berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di kota Ambon,” ujar Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena, yang hadir di sela-sela pemusnahan Miras sitaan, di Mapolresta Pulau Ambon dan PP. Lease, Kamis (21/7/2022).

Dia katakan, stabilitas keamanan dan ketertiban lingkungan adalah prasyarat utama dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik. Namun tak dapat dipungkiri seringkali terjadi peristiwa bentrokan dan tawuran, serta peristiwa kriminal yang jika diusut pemicunya adalah konsumsi Miras.

“Salah satu penyebab kerawanan, bentrokan masyarakat, kemudian instabilitas kambtibmas adalah karena konsumsi Miras, maka terhadap langkah antisipatif yang dilakukan oleh aparat keamanan, Pemkot harus mendukung dan memberikan apresiasi,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolresta Pulau Ambon dan PP. Lease, Kombes Pol Raja Arthur L. Simamora menjelaskan pemusnahan miras yang dilakukan hari ini merupakan hasil sitaan sepanjang bulan Januari – Juli 2022.

“Banyaknya miras yang diamankan dari Januari – Juli sebanyak 6.827 liter, dan hari ini kita musnahkan sebanyak 3500 liter. Sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan pemusnahan,” ungkap Kapolresta.

Dirinya mengungkapkan, selama ini konsumsi Miras yang berlebihan telah menjadi faktor pemicu meningkatnya angka kriminalitas. Olehnya itu untuk langka antisipasi, pihaknya selalu melakukan razia Miras di pintu – pintu masuk kota Ambon, baik pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Tulehu, Pelahuhan Liang, dan Baguala.

“Setiap hari kita lakukan razia Miras untuk menekan angka kriminalitas, selain itu patroli siaga juga  kita lakukan setiap akhir pekan,”pungkasnya.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button