Amboina

Musim Penghujan, Sekkot Ambon Imbau Warga Agar Tetap Waspada

potretmaluku.id – Wilayah Maluku kini mulai masuk musim penghujan, termasuk di Kota Ambon. Menyikapi perubahan musim ini, warga Kota Ambon diimbau agar tetap waspada, apalagi yang pemukiman mereka berlokasi di lereng gunung atau bantaran sungai.

Imbauan ini disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse. Menurutnya, hingga kini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah berupaya untuk menanggulangi setiap Kepala Keluarga (KK) yang mengalami bencana alam, lantaran hujan yang terjadi sejak Selasa (3/5/2023) hingga hari ini.

“Jadi Bapak Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menginstruksikan kepada kami untuk melaksankan identifikasi di lapangan, khususnya pada lokasi-lokasi rawan bencana. Karena itu, seluruh warga yang berdomisili pada lereng gunung, dan bantaran sungai agar lebih waspada dan mawas diri,” ujarnya di Ambon, Rabu, (31/5/2023).

Dalam instruksi tersebut, kata dia, juga telah disampaikan kepada para lurah guna meninjau wilayah-wilayah kerja mereka, agar segera dilaporkan Pemerintah Kota Ambon.

“Saya telah memipimpin rapat bersama dengan para lurah sehingga sudah diberikan arahan untuk turun lapangan mengecek situasi, kemudian berikan informasi kepada Pj dan Sekkot untuk diambil tindakan,” jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), serta Dinas Lingkungan Hidup (DLHP), kata dia, akan tetap menjalankan tugas dan fungsinya.

“Masyarakat yang tinggal di lereng bukti agar tetap berhati-hati. Yang hendak membangun rumah agar menghindari lokasi-lokasi rawan bencana, agar tidak berdampak buruk bagi kehidupan mereka sendiri,” pintanya. (Nab)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button