Amboina

Masuk 75 Besar ADWI 2023, Negeri Rutong Bakal Dikunjungi Sandiaga Uno

potretmaluku.id – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon masuk dalam 75 besar ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Negeri Rutong dan 74 desa lainnya yang dipilih oleh Kemenparekraf itu akan menerima penghargaan atas lima kategori, yakni Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Ambon, Rico Hayat mengatakan, Negeri Rutong diikutsertakan dalam ajang tersebut agar menjadi pilot project untuk pengembangan destinasi wisata, bagi desa/negeri lainnya di Kota Ambon.

“Ini supaya di tahun-tahun berikutnya kami bisa ikut sertakan. Kami memilih Negeri Rutong karena sudah dikategorikan siap untuk bersaing dengan desa-desa lain di seluruh Indonesia,” kata Rico.

Kata dia, masuknya Negeri Rutong dalam 75 besar ADWI 2023 patut diapresiasi oleh Pemerintah Kota dan juga masyarakat Kota Ambon,

Menurutnya, Negeri Rutong merupakan salah satu desa wisata yang dicanangkan di Kota Ambon yang menawarkan wisata adat, wisata budaya, ekowisata, dan wisata lainnya.

“Di ajang ini, penilaian juga di fokuskan pada perkembangan digitalisasi dan ekonomi kreatif, karena Rutong telah memenuhi unsur itu,” terangnya.

Rico menyebutkan, Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno bakal menyambangi ke-75 desa tersebut termasuk Negeri Rutong, untuk melakukan penilaian.

“Untuk penilaiannya nanti, Menparekraf Sandiaga Uno akan datangi 75 desa wisata itu. Dan penghargaan ADWI akan diberikan pada Bulan Oktober mendatang,” ungkapnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button