Maluku

Komisi II DPRD Maluku: Persoalan Lingkungan Hidup Jadi Tanggung Jawab Semua

potretmaluku.id – Ketua Komisi II DPRD Maluku Johan Johanes Lewerissa menegaskan, persoalan lingkungan hidup memang menjadi tanggung jawab semua, termasuk pengadaan kapal keruk sampah.

“Soal kapal keruk sampah ini, pernah saya sampaikan juga ke Kementerian Lingkungan Hidup,” ujar Johan, saat Komisi II DPRD Maluku menggelar rapat bersama jajaran Pemerintah Provinsi Maluku untuk menjaring aspirasi dinas/instansi terkait, di Ambon, Selasa (27/2/2024).

Ia menuturkan, sudah beberapa kali pihaknya dari komisi menyampaikan hal tersebut, saat melakukan agenda penyampaian aspirasi pada 2023 di Jakarta.

Namun kata dia, jawaban dari Kementerian LH kalau anggaran pengadaan kapal itu tidak ada pada mereka tetapi di Kementerian Keuangan RI.

Pernyataan Johan tersebut, terkait keterangan Plh. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Rusdi, yang menyebutkan pihaknya memperoleh dukungan kapal pengangkut sampah laut dari Perancis, namun saat ini masih dalam proses perakitan.

“Dijadwalkan antara Juni atau Juli tahun ini baru kapal keruk sampah laut tersebut tiba di Kota Ambon,” ujar Rusdi pada rapat kerja dengan Komisi II DPRD Msluku ini.

Meski begitu, ia mengakui, kehadiran kapal keruk ini nantinya, belum bisa dikatakan menyelesaikan persoalan sampah di laut mengingat produksi sampah Maluku sekitar 300.000 ton setiap tahun. Sementara Kota Ambon saja sekitar 200 ton per hari membutuhkan peralatan yang bukan hanya satu kapal.

Lantaran itu, pihaknya meminta dukungan Komisi II DPRD Maluku, adanya penambahan satu kapal pengangkut sampah di laut dari pemerintah lagi.

“Sebab sudah ada pengusulan satu kapal sejak tahun lalu namun belum terealisasi,” ujarnya.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button