Maluku

Kapolda Imbau Warga Sudahi Pertikaian Sebelum Ramadhan

potretmaluku.id – Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif mengaku sangat prihatin terhadap konflik antar dua kelompok masyarakat Negeri Wakal dan Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Lotharia juga menyayangkan masih adanya konflik-konflik sosial yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa maupun materi. Ia berharap, kondisi tersebut bisa kembali membaik sebelum masuk bulan ramadhan.

“Ini sudah mau masuk bulan ramadhan, kami minta kedua warga menahan diri dan tidak mudah terprovokasi. Hentikan konflik antar sesama saudara,” pinta Lotharia, Selasa (28/2/2023).

Menyangkut tindakan aparat yang membubarkan massa secara paksa, lanjut Lotharia, itu merupakan upaya menghalau warga agar tidak saling serang menggunakan senjata tajam.

Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang sengaja dimainkan oleh orang tidak bertanggung jawab, yang tidak ingin melihat kedamaian antara warga Hitu dan Wakal terjalin.

“Kami mengimbau para tokoh masyarakat, dan agama membantu menjaga situasi kamtibmas dengan meredam amarah warga masing-masing,” cetusnya.

Lotharia mengatakan, bentrokan antar warga kerap terjadi hanya gara-gara persoalan awal yakni tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh perorangan, yang pada akhirnya merugikan semua warga, membuat terganggunya kehidupan ekonomi dan kerukunan warga.

Bentrokan yang terjadi, lanjut Irjen, tidak hanya merugikan kedua pihak bertikai. Namun semua masyarakat di dua negeri bertetangga itu ikut terganggu. Mereka juga tidak bisa bekerja atau mencari nafkah karena masing-masing pihak menutup akses jalan di wilayahnya.

“Bentrok juga membuat banyak anak-anak dan perempuan yang merasa ketakutan dan trauma karena menyaksikan tindakan kekerasan secara langsung,” ujarnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button