Amboina

Januari 2020, Dilaksanakan Peletakan Batu Pertama Revitalisasi Pasar Mardika Ambon

potretmaluku.id – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyebutkan, revitalisasi Pasar Mardika Kota Ambon, sebagai pasar modern akan dilaksanakan pada Januari 2022 mendatang.

Richard mengaku telah menandatangani kontrak pekerjaan pembangunan Pasar Mardika bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Abdul Halil Kastela dan Direktur Operasional II PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung (Persero) Tbk.

Penandatanganan kontrak kerja yang berlangsung di Balai Kota tersebut disaksikan langsung oleh Direktur Penataan Bangunan, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Bobby Ali Azhari secara virtual.

“Jadi Januari ini saya menghadap Pak Menteri PUPR untuk mengatur jadwal peletakan batu pertama. Dan di Januari nanti, pekerjaannya sudah mulai jalan,” kata Richard, di Ambon, Kamis (30/12/2021).

Sebelumnya ada dua keputusan yang menurut Richard sangat kritis saat Kementerian Perdagangan ragu-ragu untuk menunda proses revitalisasi pasar Mardika lantaran kebijakan anggaran.

Namun, semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Richard mengatakan, pembangunan pasar Mardika berjalan multi years atau kontrak tahun jamak. Dimana pelaksanaan pekerjaannya membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih dari 1 (satu) Tahun Anggaran.

“Ini pembangunannya mungkin multi years, jadi nanti di 2023 baru selesai. Jadi tahun 2023 mendatang, kita sudah punya pasar yang representatif dan modern,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, upaya itu terwujud atas kerjasama dengan instansi-instansi terkait lainnya, terutama Gubernur Maluku Murad Ismail yang langsung memanfaatkan aksesnya untuk memediasi masalah ini.

“Karena di saat-saat kritis Pak Gubernur menggunakan aksesnya untuk meyakinkan pemerintah pusat sehingga semuanya berhasil,” tandasnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button