LingkunganMaluku

Di Hari Lingkungan Sedunia, Turaya Ingatkan Kembali Dampak Negatif Polusi Plastik

potretmaluku.id – Wakil Ketua Komisi II DPRD Maluku Turaya Samal mengingatkan, menurut badan dunia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dampak negatif polusi plastik terhadap lingkungan, kesehatan manusia, dan keanekaragaman hayati semakin nyata dan mengkhawatirkan.

“Karena itu tema yang diangkat pada Hari Lingkungan Sedunia 5 Juni 2023 ini, yaitu Beat Plastic Pollution atau Solusi untuk Mengalahkan Polusi Plastik, adalah sebuah isu yang tak dapat diabaikan lagi,” ujar Turaya, Senin (5/6/2023) .

Plastik, kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, disebut-sebut menjadi masalah serius yang membutuhkan tindakan kolektif dari kita semua pihak, pemerintah, masyarakat, sektor swasta, dan organisasi non-pemerintah, untuk mencari solusi yang berkelanjutan.

Sebagai wakil rakyat, Turaya memahami pentingnya melibatkan dan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, dalam upaya penanggulangan polusi plastik.

Menurut dia, solusi untuk polusi plastik tidak hanya terletak pada tindakan individu atau sektor bisnis semata. Pendidikan dan kesadaran masyarakat juga memegang peranan penting.

Dia juga mendorong peningkatan pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dan melalui kampanye publik yang mengedukasi masyarakat tentang bahaya plastik sekali pakai dan cara mengurangi penggunaannya.

Turaya Hari Lingkungan Sedunia

Turaya menuturkan, penting bagi kita untuk meningkatkan lagi pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah dengan benar.

Dia mengimbau agar program edukasi dan kampanye sosialisasi diperkuat, sehingga masyarakat dapat memahami lagi bahaya polusi plastik, dan terdorong untuk mengadopsi gaya hidup berkelanjutan.

“Pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, pemilahan sampah, dan penggunaan kembali produk menjadi langkah-langkah konkret yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Peringatan Hari Lingkungan Sedunia 2023 ini, disebutnya, menjadi panggilan bagi kita semua untuk bertindak sekarang juga.

“Marilah kita tingkatkan kesadaran, kerjasama, dan komitmen kita dalam menjaga lingkungan alam yang indah di Provinsi Maluku ini. Bersama-sama, kita dapat menciptakan solusi nyata untuk mengatasi polusi plastik dan mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” paparnya.

Provinsi Maluku yang kita cintai ini, tambah Turaya, adalah tempat di mana keindahan alam mempesona dan keanekaragaman hayati yang luar biasa berkumpul dalam harmoni.

Dari pantai yang indah hingga pegunungan yang menjulang tinggi, lanjut Turaya, Maluku adalah harta karun yang tak ternilai bagi kita semua.

“Namun, sebagai warga yang bertanggung jawab, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melindungi keindahan ini bagi generasi masa depan,” pungkasnya.(TIA)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button