LingkunganVideo

Defending Paradise

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku adalah rumah cenderawasih. Burung surga, cenderawasih tak hanya bagian dari mata rantai kehidupan belantara hutan hujan tropis Tanah Papua dan Kepulauan Maluku, melainkan juga simbol tradisi, filosofi kehidupan, dan identitas budaya yang mengakar dengan kehidupan masyarakat adat.

Sayang, cenderawasih kian menghadapi ancaman nyata. Burung-burung surga ini terus kehilangan rumahnya, hutan hujan tropis di tanah surga Papua dan Maluku. Penebangan hutan, perluasan perkebunan skala besar, pertambangan, dan pembukaan lahan yang dibungkus keserakahan tidak beradat mengancam cenderawasih dan seluruh ekosistem alam yang merupakan pendukung utama penghidupan masyarakat adat dan penopang iklim dunia.

EcoNusa berkolaborasi dengan Cornell Lab of Ornithology mengampanyekan pelestarian hutan hujan tropis di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sebagai habitat cenderawasih, salah satu satwa dilindungi.

Keberadaan cenderawasih menjadi tanda hutan hujan tropis di timur Nusantara masih tegak berdiri dan menghidupi, berkontribusi bagi keseimbangan iklim dunia dan memelihara nafas kehidupan di bumi.

Kelestarian cenderawasih dan habitatnya perlu dukungan kita bersama!

EcoNusa Foundation


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button