AmboinaMusik

Besok Direktur AMO Bicara Strategi Musisi Lokal Agar Tetap Cuan Maksimal Di Era Digital

potretmaluku.id – Focal Point Ambon UNESCO City of Music yang juga Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies, dijadwalkan besok sore, Minggu (11/9/20212), bertempat di Maluku City Mall (MCM) Ambon, akan berbagi cerita pada acara Bicara Apresiasi (Talkshow), yang merupakan bagian dari rangkaian acara Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Selain Ronny Loppies, ada juga Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf, Mohamad Amin yang akan ikut berbicara pada sesi Bicara Apresiasi ini.

Bicara Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 dengan tajuk “Strategi Musisi Lokal Agar Tetap Cuan Maksimal Di Era Digital” ini, merupakan kegiatan besutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program pengembangan ekonomi kreatif, melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha kreatif dan fasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif, melalui pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik dan film yang telah berhasil diselenggarakan pada tahun 2021 yang lalu.

Tahun ini Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) kembali dilaksanakan di enam belas kota/kabupaten Indonesia dengan tujuan agar para pelaku ekonomi kreatif memiliki kesempatan untuk menimba ilmu dari mentor-mentor terbaik di Indonesia sesuai bidangnya, produk akan terpublikasikan, sehingga bisa meningkatkan angka penjualan, dan membangun jejaring untuk lebih mengembangkan lagi usaha.

Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 telah melalui proses “Pendaftaran Peserta” pada tanggal 28 Februari sampai 7 April 2022, dan “Prakurasi & Kurasi” pada tanggal 8 sampai 14 April 2022.

Peserta yang mendaftar dari enam belas kota/kabupaten adalah sebanyak 6.571 dari seluruh subsektor (kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik dan film). Peserta yang lolos seleksi administrasi dan lolos tahap kurasi ada lebih dari 400 peserta.

Dalam proses kurasi yang dilakukan, tim kurator masing-masing subsektor melakukan proses kurasi melalui metode kuantitatif untuk memilih peserta dengan berbagai kriteria penilaian yang mengacu pada dokumen “Pedoman Penilaian Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022”.

Dalam pelaksanan Pameran di enam belas kota/kabupaten akan dipilih satu peserta terbaik untuk mengikuti “Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2022” di Jakarta, sehingga nantinya akan terdapat 16 pameran produk unggulan AKI 2022.

Rangkaian acara Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 9 – 11 September 2022.

Hari pertama dan kedua, selain melakukan pameran produk, peserta mendapatkan materi dari sharing pengetahuan dari narasumber terbaik di Indonesia sesuai dengan bidangnya masing- masing.

Sedangkan pada hari ketiga peserta akan bertemu dengan Super Mentor AKI 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada sesi Bicara Apresiasi (Talkshow) adalah bagian dari rangkaian acara Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, acara akan dipandu oleh MC bersama dengan narasumber kompeten untuk membahas tema yang sudah ditentukan.

Peserta dan tamu undangan akan diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan narasumber, sehingga ilmu yang didapat dari acara ini nantinya dapat diterapkan di kehidupan nyata demi menunjang ekonomi kreatif Indonesia.(*/TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button