MalukuPolitik

23 Bacaleg DPRD Maluku dari Lima Parpol Gagal Ikut Pileg

potretmaluku.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Provinsi Maluku sejak Sabtu (19/8/2023) hingga hari ini, Rabu (23/8/2023).

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, sebanyak 718 orang yang masuk dalam DCS tersebut. Jumlah DCS itu tersebar pada tujuh Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku.

“Pengumuman sudah sejak 19 Agustus dan berakhir 23 Agustus 2023 hari ini,” kata Rifan kepada wartawan, Rabu (23/8/2023).

DCS diumumkan kepada masyarakat luas, baik melalui website maupun akun media sosial milik KPU. Warga yang berkepentingan bisa membaca, melihat, dan mencermati nama-nama bacaleg DPRD Maluku yang masuk dalam daftar tersebut.

Meski DCS telah diumumkan, KPU Maluku masih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, saran, dan pendapat, mulai 19 Agustus hingga 28 Agustus mendatang.

“KPU Maluku sudah ada pada tahap mendengar tanggapan masyarakat atas hasil DCS. Ini akan berlangsung selama enam hari terhitung dari tanggal 23-28 Agustus 2023,” ujarnya.

Rifan menjelaskan, sebelumnya terdaftar 741 bacaleg yang didaftarkan oleh 18 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024. Namun, jumlah yang memenuhi syarat DCS itu 718 orang.

“Jadi ada 23 bacaleg yang tak lagi masuk DCS karena tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

23 orang yang tidak memenuhi syarat atau tersingkir dari DCS itu berasal dari lima parpol, yakni tujuh dari Partai Buruh, dua dari PKN, tiga dari Partai Garuda, sembilan dari PBB, dan dua dari Partai Ummat.

“Ini hasil verifikasi KPU yang berkaitan dengan pencermatan perbaikan DCS. Jadi sudah jelas,” imbuh Rifan.

Rifan menyebut, rata-rata bacaleg TMS bermasalah pada surat kesehatan yang dimasukan, surat keterangan pengadilan, surat narkoba, surat keterangan yang dibiarkan kosong dan lainnya.

Selain itu juga soal kegandaan nama dan syarat-syarat lain yang dipersyaratkan oleh KPU, yang kemudian tidak diperbaiki oleh parpol.

“Apalagi ini juga diunggah lewat Silon KPU makanya semua data terbaca lengkap. Jadi yang tidak lengkap, langsung TMS,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button