Amboina

Tekan Laju Inflasi, Bapanas dan Pemkot Pasang Harga Terjangkau di Gerakan Pangan Murah

potretmaluku.id – Gerakan pangan murah merupakan salah satu program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas). Produk pangan yang dijual meliputi beras, minyak, gula, cabai, bawang merah, bawang putih, telur, ayam, daging, dan produk pangan lainya.

Di Kota Ambon, Bapanas menggelar gerakan pangan murah di kawasan Lapangan Sepak Bola Hatukau Galunggung, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Kamis (4/4/2024).

Wattimena menjelaskan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tahun lalu, dengan tujuan yang sama yakni guna menjaga stabilitas harga bahan pokok saat memasuki hari besar keagamaan umat muslim, yakni Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Kita memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau guna meningkatkan daya beli yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Wattimena.

Kata dia, Kegiatan Bapanas ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dari pusat hingga daerah untuk menekan laju inflasi yang sementara terjadi.

Selain langkah ini, Pemkot Ambon juga telah menjalankan program pasar murah di dua titik, yakni di Dusun Taeno, Negeri Rumah Tiga dan di Pattimura Park.

“Kita menyasar wilayah Kota Ambon, khususnya yang mayoritas penduduknya beragama muslim agar terjadi pemerataan distribusi bahan pokok,” ujarnya.

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan bersama secara kolaboratif, bukan hanya Bapanas dan Pemkot Ambon saja, tetapi juga melibatkan stakeholder lainnya, salah satunya Perum Bulog untuk membantu masyarakat dengan mendistribusikan permintaan beras sesuai dengan surat yang disampaikan oleh masyarakat.

“Kita akan bekerja sama dengan stakeholder lain. Perum Bulog juga akan melakukan penjualan beras, minyak, dan lainnya di desa-desa sesuai dengan kebutuhan,” jelas Wattimena. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button