LingkunganMalukuMaluku Tengah

Talud Penahan Ombak di Wakal Rusak, Air Laut Genangi Badan Jalan

potretmaluku.id – Talud penahan ombak di pantai Pasir Putih Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) rusak berat.

Talud tersebut rusak lantaran dihantam ombak. Kerusakan itu sudah sejak lama. Namum sejak dihantam ombak selama tiga hari terakhir, kerusakannya bertambah parah, hingga jalan raya di kawasan tersebut tergenang air laut.

“Iya, sudah tiga hari gelombang tinggi melanda kawasan ini. Akibatnya talud penahan ombak alami rusak lebih parah,” kata Asrul Negeri Wakal, Rabu (13/3/2024).

Menurutnya, sudah dua tahun talud penahan ombak itu alami kerusakan. Tapi, air laut tidak masuk hingga menutupi seluruh badan jalan tatkala musim gelombang pasang.

“Tapi karena kerusakannya sudah cukup parah, makanya ketika musim ombak, seluruh badan jalan tergenang air,” ujarnya.

Sementara itu, Hatta Tatis, salah satu pengguna jalan mengaku, selain air tergenang air laut, badan jalan di kawasan itu juga dikotori oleh berbagai jenis sampah yang terbawa ombak air pasang.

“Sudah sering kali disuarakan untuk diperbaiki, tapi ya seperti itulah. Makanya setiap musim air laut pasang, yang repot itu pengguna jalan,” ungkap Hatta.

Dia menyebut, ruas jalan tersebut merupakan akses utama bagi sejumlah negeri yang di Kecamatan Leihitu. Sehingga harus menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Provinsi Maluku.

“Kami berharap pemerintah dapat memperhatikan talud dan jalan tersebut, agar pengguna jalan dapat melintasinya dengan aman,” ungkapnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button