Amboina

Loka Monitor Ambon Gelar Sosialisasi Pengguna Spektrum Frekuensi Radio

potretmaluku.id – Merebaknya penggunaan frakuensi radio di Kota Ambon, berpotensi pada gangguan spektrum frekuensi radio antar sesama pengguna.

Hal ini terungkap saat kegiatan Sosialisasi Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Prosedur Pelaporan Gangguan Spektrum Frekuensi Radio, yang diselenggarakan oleh Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon, di Hotel Marina Ambon, Kamis (4/8/2022), dengan pembicara Holly C. Patty, Albert Pattinasarany dan Jerry Leatemia.

Alberth Pattinasarany menuturkan, pengguna frekuensi radio wajib memiliki ISR (Ijin Stasiun Radio) yang sesuai dengan peruntukkannya.

“Setiap pengguna frekuensi radio wajib menggunakan perangkat telekomunikasi yang telah bersertifikat, serta sesuai dengan parameter teknis guna mencegah jangan sampai terjadinya interferensi/gangguan kepada pengguna frekuensi lainnya”, tandasnya.

Demikian juga untuk mengatasi gangguan spektrum radio, Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon telah menyediakan aplikasi pelaporan berbasis online.

Menurut Jerry Leatemia, aplikasi online ini sangat berguna untuk membantu dalam penanganan gangguan frekuensi.

Bagi Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ambon,tujuan dilakukannya sosialisasi ini sebagai upaya memperlancar arus komunikasi dan informasi serta kemampuan telekomunikasi dalam mensinergikan berbagi aspek manajemen frekuensi radio terhadap pemegang ijin satsiun radio.

Holly C. Patty menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat dan signifikan terhadap upaya, antara lain:

1. Mencegah timbulnya interferensi/gangguan yang merugikan

2. Memaksimalkan efisiensi pengguna spektrum frekuensi radio

3. Menunjang pembangunan dan penggembangan infrastruktur nasional

4. Mengoptimalkan proses perizinan yang adil transparan dan efisiensi

5. Memberikan perilndungan terhadap para pemegang ijin frekuensi radio

“Pentingnya perlindungan frekuensi radio di Provinsi Maluku terlebih khusus di Kota Ambon maka pemerintah berkewajiban menyebarkan informasi dimana salah satunya pada kegiatan sosialisasi ini”, pungkas Holly.(REV)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button