Nasional

Saadiah Dorong Program Pekarangan Pangan Lestari

potretmaluku.id – Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty mendorong program seperti Program Perkarangan Pangan Lestari (P2L) dari Kementerian Pertanian, agar ditingkatkan atau ditambah volumenya, agar nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami juga mendorong program seperti P2L itu agar ditingkatkan volumenya, supaya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar legislator asal daerah pemilihan (Dapil) Maluku ini, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementan, yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Sekjen Kementan beserta para Dirjen Kementrian Pertanian, di ruang rapat Komisi IV, Gedung Nusantara V Senayan, Jakarta Senin (20/9/2021).

Kepada potretmaluku.id, Selasa (21/9/2021), Saadiah menuturkan, di masa pandemi Covid-19 ini, tidak hanya membawa masalah kesehatan masyarakat, tetapi juga berimplikasi luas, seperti kelancaran distribusi pangan. Apalagi untuk beberapa daerah di Maluku, seperti Kota Ambon, yang sebagian sumber pangannya berharap dari luar.

“Terbatasnya akses fisik dan ekonomi terhadap pangan, dan lainnya tentu dapat menganggu ketahanan pangan individu, keluarga ┬ámaupun nasional. Karena itu kami mendukung program P2L dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian sebagai solusinya,” kata Saadiah.

Dari literatur yang potretmaluku,id dapatkan, disebutkan bahwa program P2L ini memang dikembangkan Badan Ketahanan Pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Karena itu, masyarakat diajak untuk memamfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman, supaya bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Sebab tinggal memetik sayur-sayuran dari pekarangan sendiri.

Pada kesempatan berbicara di RDP dengan Kementerian Pertanian itu juga, Saadiah menyebutkan, bahwa kita membutuhkan penyediaan data neraca pangan nasional, hingga level rumah tangga bila perlu.

“Perlunya agar kita bisa mengembangkan potensi pangan, dan pengembangan pola konsumsi pangan masyarakat, serta optimalisasi sumberdaya lahan pekarangan untuk pengembangan pangan di tingkat rumah tangga,” pungkas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.(MEL)

 

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button