NasionalMaluku

Rektor Pimpin Kontingen IAIN Ambon di PWN PTK XV

potretmaluku.id – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si memimpin Kontingen Racana Al-Mulk IAIN Ambon, dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) PTK XV Tahun 2021, yang berlangsung di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, sejak 9 hingga 14 November 2021.

PWN PTK se-Indonesia secara resmi oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang dihadiri para pejabat Kemenag RI, para Rektor dan Ketua PTK, serta perwakilan pramuka PTK se-Indonesia.

Rektor Zainal di sela-sela acara pembukaan PWN PTK di Jakabaring Sport Center (JSC) Kota Palembang, menjelaskan, keberadaan Kontingen IAIN Ambon yang terdiri dari delapan peserta Pengurus Rancana Al-Mulk, pendamping dan bina damping, beserta wakil rektor terkait, tidak lain sebagai bagian untuk mensukseskan kegiatan PTK yang merupakan agenda rutin tahunan.

“Biasanya IAIN Ambon mengirim lebih dari delapan peserta. Namun dibatasi dengan adanya wabah Covid-19, sehingga peserta, pembina dan bina damping yang dapat diberangkatkan sesuai dengan yang sudah ditetapkan panitia,” terangnya.

Tentu, kata Zainal, secara nasional, kegiatan dilaksanakan dalam dua metode, yakni luring dan daring. Sehingga, selain mengikutkan peserta secara tatap muka di Palembang, ada pula peserta yang mengikuti secara daring, langsung dari IAIN Ambon.

Dia berharap keterlibatan kontingen IAIN Ambon pada PWN PTK XV di Palembang ini, sebagai bagian dari dukungan kepada IAIN Ambon untuk terus menumbuhkembangkan semangat kepramukaan, dan semangat kependidikan.

“Sebab pramuka menjadi bagian yang tak terpisahkan dari lingkup pengembangan pendidikan di Indonesia, serta dunia pada umumnya, termasuk di IAIN Ambon,” ujarnya.

Lantaran itu, kepada mahasiswa, pendamping dan bina damping dari IAIN Ambon yang ikut dalam kegiatan ini, Zainal berharap, dapat menimba pengalaman dan pengetahuan, yang selanjutnya dikembangkan di Racana IAIN Ambon.

Apalagi, lanjut dia, IAIN Ambon memiliki pengalaman sebagai tuan rumah PWN PTK, sehingga ini akan menjadi sharing informasi terupdate, dalam memperkaya peningkatan skill dan karya kepramukaan di IAIN Ambon ke depan.

Keterlibatan IAIN Ambon dalam even-even nasional baik di Poros PTKIN se-Intim, hingga PWN PTK, menurut Zainal, meniscayakan keberadaan kampus ini, siap untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan berkelas nasional hingga internasional di masa mendatang.

“Apalagi, beberapa waktu lalu, IAIN Ambon dipercayakan oleh BNPB sebagai tuan rumah Peringatan Bulan Resiko Bencana,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Diklat Rancana Al-Mulk IAIN Ambon Husain Sumallo mengebutkan, Kontingen IAIN Ambon terdiri dari delapan orang, dengan satu pendamping dan satu bina damping.

“Mereka selain dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Ambon, ikut juga dalam rombongan Kontingen, Wakil Rektor III, Wakil Rektor I, Ketua DWP IAIN Ambon, Kabag Humas dan Umum, serta Ajudan Rektor IAIN Ambon,” jelasnya.

Menurut dia, beberapa kegiatan yang diikuti oleh Kontingen dari IAIN Ambon seperti, bakti sosial, pentas seni, giat wisata, penguatan materi ruangan berupa wawasan kebangsaan, bakti sosial di tempat-tempat ibadah, serta vaksinasi dan penyaluran masker kepada masyarakat.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada pengurus dan anggota Ranana Al-Mulk IAIN Ambon, agar terus mengembangkan skill dan pengetahuan di bidang kepramukaan,” tuturnya.

Rombongan yang ikut bersama Kontingen IAIN Ambon antara lain Rektor IAIN Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si., Ketua DWP IAIN Ambon Ny. Saut Rahawarin, Ketua Senat Dr. Abdullah Latuapo, Wakil Rektor I Dr. Ismail Tuanany, Wakil Rektor III Dr. M. Faqih Seknun dan isteri, Kabag Umum dan Humas  Hamirudin, Kabag Ortala Gilman Parry selaku Pembina, Anwar Rumadan selaku Bina Damping, serta Ajudan Rektor, Abd. Rasyid Kaisupy.(*/ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button