Amboina

Pemkot Ambon Gelar Peningkatan Kapasitas dan Sertifikasi Calon Pansel

potretmaluku.id – Guna menempatkan seorang pimpinan birokrasi di tempat dan di saat yang tepat, tentu tidak dari proses seleksi yang panjang dengan Panitia Seleksi (Pansel) yang berkompeten.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas dan sertifikasi calon Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Elizabeth Hotel, Rabu (8/2/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengatakan, salah satu unsur penting dalam tahapan seleksi adalah panitia seleksi. Sehingga pemkot menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan peningkatan kapasitas dan sertifikasi calon pansel yang dilakukan akan berdampak pada kemaslahatan masyarakat di Kota Ambon.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berdampak baik kedepan, juga kepada para calon pansel dalam menemukan pejabat yang berkompeten,” kata Wattimena.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, calon pansel akan mendapat pengakuan secara formal atas kompetensi yang dimiliki, dan dapat disiapkan menjadi pansel, bukan saja dilingkup Pemkot Ambon, namun tidak menutup kemungkinan di kabupaten/kota lainnya jika dibutuhkan.

“Kalau sudah punya sertifikat dari KASN, maka silakan dipakai. Kalau mereka dipakai oleh kabupaten/kota lain juga silakan, karena mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan jika diminta menjadi pansel,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KASN Pokja Pengawasan Pimpinan Tinggi Wilayah II, Agustinus Fatem mengatakan, kegiatan tersebut penting untuk memhami bagaimana proses pengisian JPT, serta pemahaman tupoksi selaku pansel.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat diikuti dengan baik. Karena akan diperkaya pengalamannya dengan konsep-konsep yang akan disampaikan.

“Kedepan ketika mendapat tugas dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), harus mampu untuk melaksanakan tugas dengan baik,” ungkap Agus. (HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button