Amboina

Pemkot Ambon Sosialisasi Permendagri Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melaksanakan Sosialisasi dan Focus Grup Discusion (FGD) peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kemendagri, Kamis (16/12/2021).

Plh. Sekretaris Kota Ambon Rulien Purmiassa saat membuka sosialisasi dan FGD Kamis (16/12/2021) menyampaikan, hadirnya Permendagri ini mengamanatkan bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengintegrasian semua SIPD termasuk pengelolaan keuangan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

“Ini merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan good governance dan clean government dengan melakukan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Rulien.

Sejak munculnya Permendagri 70/2019, pemerintah kota perlahan mulai melaksanakan kewajiban penggunaan SIPD dalam perencanaan pembangunan dan pengeloaan keuangan daerah.

Namun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SIPD pada tahun 2021, membuat pengelolaan keuangan daerah kembali dialihkan ke Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Perlu komitmen bersama diantara pemangku kepentingan, pimpinan OPD dan seluruh pengelola keuangan untuk dapat mewujudan kewajiban pemerintah daerah tentang SIPD.

“Jadi kegiatan ini penting dilakukan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih komprehensif, serta mencari solusi atas kendala yang ditemui aparatur pengelola keuangan dalam implementasi SIPD,” jelasnya.

Perlu diketahui keberhasilan suatu pembangunan di daerah tidak terlepas dari aspek pengelolaan keuangan daerah yang dikelola dengan manajemen yang baik meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah.

“Saya harap pengelolaan keuangan melibatkan lembaga eksekutif dan legislatif dapat dilaksanakan secara transparansi, akuntablitas dan efisiensi serta mengikuti aturan yang berlaku,” tuturnya.(ASH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button