AmboinaPendidikan & Kesehatan

Kadis Pendidikan Kota Ambon: Simulasi Belajar Tatap Muka SD dan SMP Digelar Mei 2021

potretmaluku.id – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ambon, Fahmi Salatalohy memastikan, pihaknya akan melakukan simulasi belajar tatap muka di tingkat SD maupun SMP pada bulan Mei 2021 mendatang.

Dia menyebutkan, langkah tersebut sebagai upaya menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

“Ini berkaitan dengan SKB empat itu. Jadi sebelum belajar tatap muka itu betul-betul dilaksanakan, kita akan simulasikan terlebih dulu,” ujar Fahmi, kepada wartawan di Ambon, Kamis (15/4/2021).

Menurut dia, simulasi itu dilakukan sebagai bentuk kesiapan dalam menindaklanjuti keputusan empat menteri, terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, untuk sekolah tatap muka yang akan dilaksanakan Juli 2021 mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Ambon, kata Fahmi, juga telah berkoordinasi dengan Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon Anthony G. Latuheru, untuk melanjutkan pembahasan dimaksud ke Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Dia mengaku, Sekkot juga telah menegaskan, bahwa pelaksanaan belajar tatap muka itu harus mendapat ijin Wali Kota. Sebab tanpa ada ijin kepala daerah, langkah itu tidak bisa dilaksanakan.

“Kita tidak bisa paksakan itu. Kita tunggu pertimbangan beliau bagaimana dengan kondisi Ambon saat ini,” terangnya.

Simulasi yang bakal dilaksanakan nanti, kata dia, tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan guna meminimalisir angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Ambon.

“Harus ada simulasi. Tapi protokol kesehatan juga tetap diterapkan selama simulasi berjalan,” pungkasnya.(PM-03)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button