Maluku

Jadi Irup, Kolonel Eka Sebut Pemuda Tulang Punggung Kejayaan Bangsa

potretmaluku.id – Dalam rangka melestarikan semangat perjuangan pemuda, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Upacara yang digelar dengan sorotan tema “Bersatu Bangun Bangsa” dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal IX, Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, selaku inspektur upacara.

Bertindak sebagai sedangkan komandan upacara, Mayor Laut (S) Samsun. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon,Jumat (28/10/2022).

Dalam amanat Menpora RI, Zainudin Amali yang dibacakan Kolonel Eka menyampaikan, peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kritalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” ungkap Kolonel Eka.

Kata dia, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” cetusnya.

Dengan capaian prestasi yang telah diraih pemuda Indonesia baik di level nasional maupun internasional dapat menjadi modal dalam membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang.

Namun, pemuda Indonesia juga dihadapkan dengan ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia.

Itu perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk kembangkan berbagai potensi demi membangun kejayaan sepanjang masa,” tandasnya. (HAS)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button