AmboinaKesehatanPendidikan

Belum ada SMP di Kota Ambon yang Bisa Jalankan Pembelajaran Tatap Muka

potretmaluku.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah memberi ruang untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi seluruh SMP di Kota Ambon.

Namun sebelumnya harus dipastikan 80 persen guru dan siswa sudah harus divaksin Covid-19. Sebab, itu merupakan syarat pelaksanaan PTM di Ambon.

Skema pelaksanaan PTM juga telah diatur, selain menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan dengan pengawasan ekstra ketat, juga jumlah siswa yang harus dibatasi pada tiap-tiap ruangan kelas.

Sayangnya, hingga saat ini seluruh syarat pelaksanaan PTM itu belum juga dipenuhi oleh SMP di Ambon, terutama terkait capaian 80 persen vaksinasi bagi para siswa dan guru.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Jhon Sanders mengatakan, di Ambon, Senin (11/10/2021), data yang diterima dari Dinas Pendidikan Kota Ambon, belum ada satupun sekolah yang sudah memasukkan laporan resmi terkait syarat pelaksanaan PTM.

Dia mengaku telah mendapat info bahwa yang telah memenuhi syarat vaksinasi 80 persen adalah SMP Negeri 2 Ambon, yang mana capaian vaksinasi siswa dan guru sudah mencapai 90 persen. Namun itu belum dapat dipastikan.

“Secara resmi belum ada satupun sekolah khususnya SMP yang bisa menerapkan metode PTM,” kata Jhon kepada wartawan.

Menurutnya, PTM di Sekolah akan dilaksanakan jika seluruh syarat dapat dipenuhi. Sekarang ini memang belum ada metode PTM, sebab harus ada sekolah yang siap sesuai persyaratan.

Dia mengaku, capaian vaksinasi 80 persen menjadi syarat utama sekolah bisa laksanakan PTM. Selain itu, faktor pendukung seperti sarana-prasarana pun harus disiapkan pihak sekolah seperti toilet, Hand Sanitizer, wastafel pencuci tangan.

Tak hanya itu, Satgas di sekolah yang bertindak untuk mengecek dan mengawasi pelaksanaan belajar mengajar agar tetap menjalankan protokol kesehatan harus disediakan pihak sekolah.

“Kalau dilihat dari situasi yang ada saat ini, PTM diperkirakan bisa berlangsung akhir tahun 2021,” tandasnya.(TIA)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button