Seram Bagian Timur

60 Makam di Werinama SBT Tergerus Luapan Sungai Wailissa

potretmaluku.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, membuat Sungai Wailissa di Negeri Werinama, Kecamatan Werinama, pada kabupaten ini meluap.

“Luapan sungai ini mengakibatkan sebanyak 60 makam warga hancur tergerus air,” ujar Camat Werinama Ibrahim Bambang Sikdewa, Selasa (5/7/2022).

Ibrahim menyebutkan, kejadian yang berlangsung Selasa ini, menggerus atau merusak 60 makam warga yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Negeri Werinama.

‚ÄúSelain merusak makam warga, luapan air Sungai Wailissa dikhawatirkan akan membuat jembatan rubuh,” ujarnya.

Menurut Ibrahim, saat ini dirinya bersama masyarakat setempat bergotong royong untuk membongkar kuburan yang masih terseret ke badan sungai, untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Sebagian warga membongkar kuburan yang masih berada di pinggiran sungai, untuk dipindahkan kembali pada tempat yang lebih aman,” tutur lelaki yang juga berprofesi sebafgai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) ini.

Ibrahim menyebutkan, pasca kejadian tersebut pihaknya langsung menyampaikan laporan sementara kepada Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Bahkan sebelum kejadian, juga telah disampaikan antisipasinya secara resmi kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Sehingga kami sangat berharap ada langkah cepat yang diambil, untuk mengantisipasi bencana susulan di waktu mendatang,” paparnya.

Ibrahim berharap ada langkah cepat dari Pemda untuk mengantisipasi bencana berikut, karena ini sangat meresahkan masyarakat.(*/TIA)

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button