Amboina

1190 Vial Vaksin Moderna Disalurkan, Kota Ambon Dapat Jatah 1.330 Dosis

BERSAMA LAWAN COVID-19

potretmaluku.id – Sebanyak 1190 vial vaksin Moderna disalurkan khusus untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) ke 11 kabupaten dan kota di Provinsi Maluku, untuk mendapatkan vaksin tahap 3.

Kepada potretmaluku.id, Jumat (13/8/2021), Juru Bicara Covid-19, Donny Rerung mengatakan, ribuan dosis vaksin ini masih dijalankan mulai dari Kota Ambon. Dalam pelaksanaannya, sekitar 23 puskesmas di Kota Ambon secara serempak melaksanakan vaksinasi terhadap Nakes yang sudah disuntik vaksin pertama dan kedua.

“Kota Ambon sendiri mendapatkan jatah sebanyak 95 vial. Pengaturan berapa banyak vaksin di kota atau kabupaten sudah langsung ditetapkan di Kementrian,” ujar Donny di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, Kota Ambon saat ini memiliki stok tiga jenis vaksin yang tersimpan di gudang farmasi yaitu vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Moderna.

“Jumlah vaksin yang tersedia di gudang farmasi itu ada tiga jenis karena kita baru saja dapat Moderna. Jadi stok vaksin yang tersedia, vaksin Sinovac sebanyak 339 vial (3.390 dosis), vaksin AstraZeneca 589 vial (5.890 dosis) dan Moderna 95 vial (1.330 dosis),” jelas Wendy.

Moderna ini, lanjut Wendy, diperuntukan sebagai vaksin dosisi ketiga khusus nakes. “Jumlah ini juga tidak cukup untuk Kota Ambon karena yang akan divaksin sekitar 3,000 orang,” jelasnya.

Sementara, vaksin AstraZeneca dalam waktu dekat ini akan diperuntukan untuk pelaksanaan vaksinasi massal dosis kedua.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Berita Serupa

Back to top button