Maluku

Turaya Samal: Jadikan Harkitnas Penyemangat Hadapi Beragam Persoalan

potretmaluku.id – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Turaya Samal menyebutkan, momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei 2023 kemarin, hendaknya dijadikan penyemangat untuk Indonesia dan terutama Maluku, bangkit dalam menghadapi beragam persoalan.

“Mengenang perjuangan para pahlawan, pemuda-pemudi di daerah ini harus mengambil inisiatif dalam berbagai bidang. Terus belajar, mengembangkan bakat, dan berkontribusi bagi kemajuan daerah ini, maupun kemajuan bangsa,” ujar Turaya, Minggu (21/5/2023).

Anggota DPRD Maluku Fraksi PKS ini menuturkan, semangat kebangkitan nasional ini, bisa tercermin dalam prestasi di berbagai bidang, seperti Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Energi dan Sumber Daya Mineral, termasuk pendidikan, olahraga, seni, dan inovasi teknologi.

Menurut dia, Kebangkitan Nasional ditandai peristiwa penting berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, memberi inspirasi bahwa sebagai salah sebuah organisasi modern tahun 1908 ini, adalah munculnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah, kata dia, semangat kebangkitan nasional dimulai.

“Melalui Hari Kebangkitan Nasional ini, mari kita bersama-sama menjaga api semangat kebangkitan nasional terus menyala di hati kita, menginspirasi generasi muda untuk melangkah maju, menghadapi beragam persoalan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” tuturnya.

Lantaran itu, Turaya mengingatkan, Hari Kebangkitan Nasional Indonesia bukan hanya sekadar peringatan sejarah, tetapi juga momentum untuk merenungkan dan memperkuat semangat nasionalisme.

Dia mengimbau, semangat ini harus terus hidup dalam setiap langkah kita, menggerakkan kita untuk menjadikan Maluku khususnya, dan Indonesia umumnya sebagai bangsa yang maju, berdaya saing global, dan berkeadilan.

Di pesatnya perkembangan teknologi saat ini, Turaya katakan, sangat baik juga jika para warganet atau netizen ikut membagikan cerita inspiratif tentang semangat kebangkitan nasional.

“Misalnya menyebarkan pesan-pesan tentang pentingnya menjaga persatuan, cinta tanah air, dan semangat gotong royong sebagai fondasi kebangkitan bangsa,” tutupnya.(TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button