Kepulauan Aru

Sempat Hilang, Nelayan di Aru Diselamatkan Ditpolairud Polda Maluku

potretmaluku.id – Sempat dikabarkan hilang di Perairan Laut Arafura, seorang nelayan berhasil diselamtakan oleh personel Polairud Polda Maluku dan Tim Rescue Unit Siaga SAR, Minggu (11/5/2023).

Nelayan atas nama Fransiskus Alatubir (29) dilaporkan hilang oleh Ka Unit Siaga Basarnas Dobo, Renhard Lopies ke personel KP.XVI-3002 via whatsapp.

“Sekitar Pukul 11.36 Wit, Personil KP.XVI- 3002 Ditpolairud Polda Maluku, menerima laporan bahwa telah terjadi kecelakaan laut. Pesan itu via whatsapp dari Ka Unit Siaga Basarnas Dobo, Pak Renhard Lopies bahwa seorang nelayan hilang kontak pada Sabtu 10 Juni 2023, sekitar pukul 15.00 Wit, di koordinat terakhir 05⁰40”36 S dan 133⁰.56″00 E. Korban menggunakan longboath berwarna biru lis merah,” ungkap Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso.

Berdasarkan informasi, pada Jumat (9/5/2023) sekira pukul 09.00 Wit, korban pergi melaut dan hendak kembali di hari berikutnya, yakni Sabtu (10/5/2023). Namun hingga Minggu (11/5/2023), nelayan tersebut tak kunjung pulang, sehingga keluarga korban yang resah langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak SAR setempat.

Keluarga melapor sekaligus meminta pihak berwenang mencari korban, karena sebelumnya mereka sempat berkontak melalui telp selular dengan Fransiskus, dan posisi terakhirnya berada sekitar 16 mil dari pesisir pantai Dusun Kota Lama Desa Wokam, Kecamatan Kepulauan Aru.

Setelah laporan keluarga tersebut, Ditpolairud Polda Maluku bersamsa Tim Rescue Unit Siaga SAR Kep langsung bertindak cepat dengan mencari korban hilang. Mereka menggunkana KM Karawiera menuju ke lokasi terakhir saat berkontak dengan keluarga.

“Tempat terjadinya hilang kontak antara korban dan keluarganya dengan Jarak ± 19 NM, ke Arah Barat Laut Arafura. Pada pukul 13.45 Wit, Pers KP.XVI-3002 bersama Tim SAR gabungan menemukan korban dalam keadaan terombang-ambing di atas longboatnya. Korban langsung dievakuasi ke Pelabuhan Yos Sudarso Kabupaten Aru,” pungksanya. (Nab)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button