Maluku

Nakes di Rumkital Lantamal IX Ikut Bimtek Terapi Oksigen Hiperbarik

potretmaluku.id – Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX, Selasa (30/11/2021) mengikuti bimbingan teknis Terapi Oksigen Hiperbarik, dari tenaga ahli Lembaga Kesehatan Angkatan Laut di Rumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX Halong Ambon.

Wilayah Maluku yang terdiri dari pulau-pulau dengan nuansa eksotik bawah laut memanjakan bagi penyelam. Keberadaan Hiperbarik Chamber di Rumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX Ambon tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Maluku dan sekitarnya guna menunjang kegiatan selam ataupun untuk terapi kesehatan lainnya.

Terapi oksigen hiperbarik merupakan bentuk pengobatan dengan pemberian oksigen murni atau oksigen 100% dengan tekanan tinggi atau lebih dari 1 hingga 3 atmosfir yang dilaksanakan dalam Hiperbarik Chamber atau RUBT (Ruang Udara Bertekanan Tinggi). Terapi ini relatif aman, nyaman dan telah melalui uji klinis.

Manfaat terapi Oksigen Hiperbarik mencakup Masalah yang berhubungan dengan penyelaman misalnya penyakit dekompresi, keracunan gas CO, dan tes toleransi oksigen bagi penyelam, pengobatan penyakit klinis misalnya Diabetes Melitus, stroke, luka bakar, osteomyelitis, cangkok kulit/jaringan dan lain lain, dan yang tidak kalah menarik untukKebugaran atau kecantikan yaitu dengan meningkatkan asupan oksigen di jaringan, meningkatkan sintesa kolagen, neovaskularisasi, mempercepat eliminasi asam laktat.

Para peserta Bimtek mendapatkan materi secara teori tentang terapi oksigen hiperbarik dan juga melaksanakan praktek secara langsung di Hiperbarik Chamber Rumkital dr FX Suhardjo.

Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pengawak Hiperbarik Chamber dengan sharing pengetahuan dari ahlinya dalam hal ini pembimbing dari Lakesla Dr. dr. Ni Komang Sri D.U., Sp.S., M.Kes beserta tim.(WEH)


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button