Maluku

Maluku Juara I Presentase Transaksi Nilai Belanja UMKM Terbesar

 

potretmaluku.id – Provinsi Maluku meraih juara I Provinsi dengan Presentasi Transaksi Nilai Belanja Usaha Mikro dan Usaha Kecil terbesar, dari 38 Provinsi di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023, yang  berpusat di Hotel Bidakara, Jakarta. Selasa,7 November 2023.

Selain Maluku terdapat dua Provinsi lain sebagai nominator terbaik yakni Provinsi Aceh, Sulawesi Tengah.

Kepala Bagian Pengelola Barang dan Jasa Setda Maluku, Hendrik Tamtelahitu menjelaskan, berdasarkan Instruksi Gubernur kepada setiap OPD agar anggaran belanjanya di fokuskan untuk melakukan transaksi belanja usaha mikro kecil.

Lebih lanjut disampaikan per Oktober 2023 transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil sebesar Rp. 69.530.953.509,-.

Ia mengharapkan agar hal yang baik ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan oleh semua OPD dalam menumbuhkan dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Untuk diketahui, Rakornas  Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2023 dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital di Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Presiden menginstruksikan untuk mengalihkan proses pengadaaan yang manual menjadi pengadaan secara elektronik lambat tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Presiden RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Menteri Koperasi UMKM RI Teten Masduki, dengan jumlah peserta 2.179 peserta dan dihadiri oleh beberapa pimpinan Kementerian, Gubernur/Walikota/Bupati Se-Indonesia.(TIA)

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button