Buru

Ketua Kwarda Maluku Lantik Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Buru

potretmaluku.id – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku Widya Pratiwi Murad, melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Buru, Senin, (11/07/2022).

Pelantikan tersebut berdasarkan SK Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Nomor 11 Tahun 2022 tentang Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buru masa bakti 2022-2027, SK Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Nomor 12 Tahun 2022 tentang Pengukuhan Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buru masa bakti 2022-2027, dan SK Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pengukuhan Pengurus Lembaga Pengurus Keuangan Kwartir Cabang Buru masa bakti 2022-2027.

SK Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku, tentang Pengukuhan Pengurusa Mabicab Gerakan Pramuka Buru masa bakti 2022-2027, dengan kepengurusan diketuai Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy.

Pelantikan diatas disaksikan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (MABIDA).

Di kesempatan ini, Widya mengatakan Pramuka merupakan wadah pembentuk karakter generasi penerus yang dididik sejak usia muda melalui Gerakan Pramuka. Secara tidak langsung, sedang menyiapkan pemimpin bangsa yang telah dilatih mental, fisik, integritas, kepribadian bahkan kemampuan manajemennya untuk siap mengemban tugas untuk kepentingan negara.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya para pengurus Mabicab, pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Kwarda Buru,” katanya.

Menurutnya, merujuk perkembangan situasi yang dinamis dan informatif, diharapkan anggota pramuka dapat menjadi bagian duta perubahan yang mengarah pada pembangunan mental dan prestasi berasaskan Tri Satya dan Dharma Pramuka.

“Bagi saya, eksistensi serta semangat kakak-kakak dalam mengembangkan gerakan pramuka di tingkat Kwarcab, sejalan dengan ikhtiar pemerintah yang dituangkan dalam bentuk UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” ujar Widya.

Dalam kerangka besar itu, Widya optimis Majelis Pembimbing Kwarcab Buru, lebih menitikberatkan perhatian pada program fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

“Mengingat Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang membangun kepribadian dengan mengembangkan potensi diri, serta memiliki akhlak demi tercapaikan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Kemudian, sambung Widya, bila kembali merujuk pada perkembangan situasi sekarang yang semakin selaras, cenderung menggaris bawahi kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan secara internal maupun eksternal yang merupakan kebutuhan penting untuk mencapai sebuah keberhasilan.

Apalagi, kata dia, Kwarcab sebagai ujung tombak penyelenggaran pendidikan kepramukaan, akan terus bersinergi dengan Kwarda yang berperan sebagai fasilitator.

“Perkokoh jalinan hubungan antar setiap tingkatan Kwartir. Seluruh jajaran pengurus Kwartir diminta memantapkan jati diri dengan berpedoman pada nilai etika, kaidah agama serta satya dharma pramuka,” sambungnya.

Bagi Widya, suksesnya pelantikan kepengurusan diatas, juga mencerminkan Kwarcab semakin dewasa dalam menyikapi serta memahami pentingnya upaya sinergis dari seluruh komponen Kwartir, karena sekaranglah waktu yang tepat untuk bersatu menghasilkan karya.

“Kwarda Maluku bermaksud akan berpartisipasi dan menyelenggarakan sejumlah kegiatan penting persiapan Jambore Dunia Tahun 2023, Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022,” tuturnya.

Termasuk, kata dia, kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu serta kegiatan-kegiatan di tingkat daerah seperti Rapat Kerja Daerah, Peran Saka Tingkat Daerah di Kota Ambon serta kegiatan untuk anggota dewasa.

“Di samping berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan sebaik mungkin, kami juga akan terus mengembangkan kegiatan kepramukaan sejalan dengan tujuan pokok Gerakan Pramuka,” kata Widya.

Ia mengaku, Kwarda merasa optimis, bila semua pihak memiliki komitmen yang kuat terhadap kesinambungan program penyelengaraan pendidikan kepramukaan, niscaya proses ini akan terus mengarah keperubahan yang lebiih baik.

“Saya berharap, proses pelantikan menggugah peran Kwarcab dalam mensukseskan agenda kepramukaan,” tutup Widya.(*/TIA)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button