NasionalPendidikan & Kesehatan

Yes, 6 Tips Libur Lebaran Lancar

Libur Lebaran lancar, tentu menjadi harapan setiap kaum Muslimin yang baru saja menjalankan ibadah puasa Ramadan, sebulan penuh. Lalu, apa saja caranya agar liburan lebaran ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Berikut  6 tips dari kami untuk kaum Musimin yang hendak memanfaatkan waktu iburannya.

Kaum Muslimin menghabiskan semua waktu dalam bulan Ramadan, dengan menunaikan ibadah puasa, menjaga dari makanan dan minum sejak fajar sampai senja. Bangun salat pada malam hari, membaca Al-Qur’an, berzikir, dan bersedekah pada siang hari.

Hingga tibalah hari kemenangan, Idulfitri. Saat dimana kita merayakan semua perbuatan baik, dan ibadah yang kita kerjakan sepanjang bulan itu.

Banyak orang berupaya memanfaatkan liburan waktu penghujung Ramadan atau saat Idulfitri. Apalagi di libur lebaran 2022 ini, pemerintah memungkinkan adanya aktifitas mudik, lantaran kondisi pandemik COVID19 sudah semakin melandai, meski dengan tetap menekankan protokol kesehatan. Setelah selama dua tahun, mudik lebaran ditiadakan.

Tips Libur Lebaran Lancar

Libur Lebaran ini, nampaknya dapat menjadi akhir pekan yang panjang. Akan tetapi biasanya ada lumayan banyak komplikasiyang muncul, saat Anda merencanakan berpergian di waktuwaktu yang istimewa ini.

Padahal ini menjadi kesempatan yang penting dalam setahun buat semua Muslim. Jadi mesti diupayakan sebaikbaiknya, serta memanfaatkan kondisi ini sebaikbaiknya.

Itu sebabnya, kami membuat daftar enam tips simple buat perjalanan Idulfitri Anda, yang bebas masalah.

1Coba Menunda

memanfatkan libur lebaran
Ilustrasi.(Foto: StockSnap on Pixabay)

Apabila memungkincobalah menunda perjalanan Anda sampai seusai Idulfitribiar Anda dapat momen terhebat di hari spesial ini, dengan cara menghabiskannya bersama kawan serta keluarga. Apalagi cuman ada 2 hari istimewa selama setahun bagi umat Islam untuk merayakannya, yakni Idulfitri dan Iduladha.

2Persiapkan Seluruhnya

mmemanfaatkan libur lebaran
Ilustrasi, membuat daftar hal-hal penting untuk berpergian.(Foto: freephotocc on Pixabay)

Jika Anda tetapakan bepergian saat Libur Lebaran, maka persiapankan semuanya sedari awal. Ini untuk meyakinkan bahwa perjalanan Idulfitri Anda, akan bebas persoalan.

Hal lain mesti Anda lakukan yaitu menyediakan hadiah lebaran sebelum bepergian. Ini apabila Anda hendak berpergian sendiri. Maka keluarga serta anakanak Anda masih bisa menikmati hari mereka serta terasa seperti merayakannya bersama Anda, walaupun Anda jauh.

3) Cicipi Makan Bersama Keluarga

memanfaatkan libur lebaran
Ilustrasi sarapan bersama keluarga.(Foto: Ali Inay on Unsplash)

Jika Anda akan melancong sendiri sepanjang libur lebaran, yang artinya Anda akan menghabiskan sebagian besar hari di luar rumah. Maka alangkah baiknya Anda memastikan punya waktu sebelum bepergian, untuk minimal makan dengan keluarga pada hari yang bagus ini.

Baik itu makan di malam hari sebelum besoknya Anda bepergian, atau sarapan bersama. Bisa juga makan siang bersama jika Anda baru akan berangkat sore harinya. Dan jadikanlah itu momen khusus Anda dengan keluarga!

4Sempatkan Waktu buat Mendatangi Kawan serta Keluarga

manfaatkan libur lebaran
Ilustrasi berbincang bersama kawan-kawan.(Foto: Priscilla Du Preez on Unsplash)

Hal utama lain yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu Idulfitri, yaitu mendatangi kawan, keluarga serta tetangga.

Diskusi sosial menguatkan ikatan di antara keluarga atau warga sekitar, akan menjadi waktu yang lebih bagus ketimbang harihari biasa lainnya. Tidak boleh dibiarkan perjalanan menghambat Anda untuk ikut serta dalam kebiasaan yang paling memiliki nilai serta paling penting ini.

Apabila Anda berencana bepergian waktu Idulfitri, cobalah merencanakan sekian waktu (sekurangkurangnya satu atau dua jam) dengan mendatangi keluarga serta kawan paling dekat Anda. Paling tidak buat jam yang singkat untuk sekadar menyapa.

5Meringkas serta Memadukan Doa

memanfaatkan libur lebaran
Ilustrasi seorang laki-laki membaca Al Quran saat istirahat dalam perjalanan.(Foto: Darwis Alwan on Unspash)

Dan jika kamu bepergian ke seluruh negeri, maka tidak ada dosa bagimu untuk memperpendek shalat.” -[Qur’an: AnNisa:101]

Seperti waktu lainnya dalam 1 tahun, kaum Muslim yang berpergian (musafir) sudah diberikan keluasan untuk memendekkan serta memadukan doadoanya selama perjalanan, buat meringankan diri sendiri. Meski begitu, penting buat Anda untuk mengikut hukum memperpendek serta memadukan doa yang betul.

Ingatingatlah Allah selalu. Kerjakan zikir sepanjang perjalanan. Bawa Al-Quran mini portabel, dan yang terpenting, tidak boleh terlewatkan doadoa Anda. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan penuh hikmah.(*)

 


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Kue/Cookies Enak Berkualitas dari Inggrid Bakery & Pastry

Berita Serupa

Back to top button